Coro merupakan bahasa jawa dari kecoak, omong coro bermakna omongan ngelantur tapi dapat dinyatakan jujur. Maka ketenangan serupa apa lagi yang dicari di dunia yang fana ini selain kejujuran. Tulisan berikut merupakan contoh dari omong coro.

Translate

About Me

My photo
Hi, saya pungkas nurrohman yang mencoba dewasa dengan jalan-jalan

Monday, 15 July 2019

Cara Promosi di Facebook


Cara jualan di facebook
Christmas vector created by ibrandify - www.freepik.com

Berpromosi di sosial media tentunya sangat mengasyikkan. Kita hanya mempromosikan dagangan dengan telepon genggam, sudah bisa menarik pembeli yang juga bermain sosial media. Tanpa terkena teriknya matahari dan juga tanpa terkena dinginnya hujan. Kita sudah dapat menginformasikan produk yang kita jual kepada para pemakai sosial media yang kian lama kian berkembang. Saat ini saya sedang melakukan promosi di Facebook. Sudah menjadi rahasia umum rasanya bila Facebook adalah sosial media sejuta umat.
Cara-cara beriklan di Facebook sebetulnya ada yang berbayar pun juga ada yang gratis. Bila anda memilih cara beriklan dengan gratis cukup kumpulkan saja niat anda untuk menyebar informasi tentang barang dagangan anda. Penyebaran informasi ini sebetulnya sama saja, hanya bila anda membayar akan lebih tepat sasaran dan juga terukur. Berikut beberapa cara untuk beriklan di Facebook.

Membuat Status

Jualan di status
Ilustrasi status
Untuk mempromosikan tulisan saya, acap kali saya hanya menyebar status. Tentunya ini cara beriklan yang sangat mudah dan murah. Kita hanya membuka beranda saja lalu menuliskan sesuatu. Sama seperti kita membuat status tentang lika-liku kehidupan kita. Bukannya sudah lumrah jika kita menuliskan segala sesuatu di status Facebook. Hanya status ini yang diganti dengan deskripsi barang yang kita jual. Jangan lupa juga untuk menyertakan foto dalam status anda.

Berbagi di Grup

Berjualan di grup
Ilustrasi berjualan di grup
Sudah tahu bukan ada berbagai grup yang kini bukan hanya membahas sesuatu saja, tapi juga ada grup khusus untuk berjualan. Seperti pasar online. Di dalam grup ini segala macam barang ditawarkan. Tentunya ada aturan tambahan bagi anda yang bergabung menjadi anggota grup. Setiap grup berbeda-beda.

Menjadi etika yang tidak tertulis untuk tidak berjualan di selain grup jual beli. Seperti menawarkan dagangan di dalam grup lowongan kerja. Nah etika ini yang sebaiknya anda jaga, istilah kerennya Out Of Topic (OOT). Anda tidak boleh OOT dan membabi buta untuk beriklan di manapun. Ujungnya dagangan anda tidak laku malah anda terkena pelanggaran komunitas Facebook.

Fanspage (Halaman)

Halaman fanspage
Tampilan Fanspage atau Halaman

Sampai saat ini saya masih belum mengetahui trik berjualan di Fanspage. Karena untuk membuat Fanspage di-like banyak orang itu butuh tenaga ekstra. Kita harus berjuang untuk menaikkan like dahulu sebelum memposting iklan. Karena like ini nantinya akan berbanding lurus dengan pengguna Facebook yang melihat iklan anda.
Namun herannya banyak yang sukses dari bermain fanspage ini. Mulai anda berjualan barang, jasa, hingga menjadi agensi iklan untuk produk lainnya. Hanya dengan memakai Fanspage saja bisa meraup keuntungan yang besar. Asalkan memiliki like yang sudah banyak.

Marketplace

Facebook marketplace
Cara Membuka Marketplace
Ini merupakan instrumen baru untuk para pedagang maupun pembeli. Namanya marketplace. Bagi anda yang belum mengetahuinya bisa melihat di menu (yang saya lingkari merah) lalu klik marketplace (yang saya beri kotak hijau). Di sini anda dapat melihat para penjual yang berada di daerah anda. Karena algoritmanya akan menayangkan penjual dengan lokasi terdekat dan teraktif.
Sepertinya saya cocok untuk berjualan di sini, meskipun saya belum pernah mengenal orang Manokwari saya bisa menjual barang di Manokwari. Selain saya memang mematok harga yang murah, saya juga menggunakan trik tertentu. Dari sekian instrumen gratisan yang disajikan Facebook dagangan saya banyak laku dari sini. Mungkin nanti saya akan buatkan tulisan khusus, cara menjual barang di facebook marketplace.

Facebook Adsense

Facebook adsense
Contoh Tampilan FB ads
Seperti halnya google ads. Anda akan dikenakan bayaran untuk mengiklankan dagangan anda di Facebook adsense. Seperti yang saya sampaikan di atas, kalau untuk beriklan dengan membayar ini anda akan mudah untuk menentukan siapa yang melihat iklan anda. Apalagi jika pesaing anda tidak beriklan melalui facebook ads. Maka sangat mudah sekali untuk mengambil pelanggan dari pesaing anda.
Penargetan yang dapat anda setting yaitu lokasi orang yang melihat iklan anda, umur orang yang melihat iklan anda, hingga jenis kelamin dan minat dari orang yang melihat iklan anda. Sehingga tidak membabi buta untuk menjual produk yang anda tawarkan. Mungkin untuk lebih detailnya saya akan membuat tulisan yang lebih panjang untuk ini.

Sekian kelima cara beriklan di Facebook. Dari kelima cara tersebut anda sudah tidak perlu untuk berkeringat keluar rumah untuk menawarkan barang dagangan anda. Cukup memikirkan konten untuk iklan anda dan kunci yang paling penting adalah jangan mudah menyerah. Bila menawarkan satu atau dua kali sudah patah arang, bagaimana barang anda mau laku.

0 comments:

Post a Comment