Coro merupakan bahasa jawa dari kecoak, omong coro bermakna omongan ngelantur tapi dapat dinyatakan jujur. Maka ketenangan serupa apa lagi yang dicari di dunia yang fana ini selain kejujuran. Tulisan berikut merupakan contoh dari omong coro.

Translate

About Me

My photo
Hi, saya pungkas nurrohman yang mencoba dewasa dengan jalan-jalan

Sunday, 8 September 2013

Menjelajah Jauh Ke Arah Utara


Kali ini saya mendapat kesempatan menuju pantai yang cukup asing di telinga namun memiliki pemandangan yang cukup memukau. Di sebelah utara pulau jawa tepatnya di kabupaten jember. Banyak orang yang menyebut pantai ini dengan tanjung papuma. Pantai ini terletak di selatan kota jember, pantai ini merupakan salah satu dari jajaran pantai selatan yang di miliki jember.
pantai watu ulo jember
Gugusan Karang Pantai Tanjung Papuma

            Pagi ini saya berencana untuk menuju pantai yang bernama tanjung papuma. Entah mengapa pantai ini bernama tanjung papuma. Menurut saya nama tersebut lebih sesuai untuk nama suatu tempat di timur, seperti di daerah papua atau NTT. Terlepas dari nama pantai ini memiliki jarak sekitar 25 KM dari alun-alun kota jember. Dalam perjalanan anda dapat menikmati mulai dari keriuhan kota, persawahan sampai hutan jati yang telah mengering. Akses menuju pantai juga sudah cukup mudah, semua jalan menuju pantai sudah di aspal dengan baik. Meskipun masih ada jalan yang berlubang. Tapi tidak sehancur jalan menuju pantai selatan di kabupaten malang. Dan jalan menuju pantai tidak berkelok-kelok ataupun naik turun seperti jalan malang-lumajang melalui piket nol.
            Setelah anda puas dihibur pemandangan yang ada di jalan maka sampailah anda pada pertigaan yang ada tulisan belok kanan ke tanjung papuma dan lurus ke watu ulo. Setelah itu anda akan melewati gerbang masuk menuju tanjung papuma. Untuk menuju pantai anda di kenakan biaya Rp. 14.000/perorang dan untuk kendaraan pribadi Rp.1000/motor dan Rp.3000/mobil. Meskipun di pintu gerbang kita telah membayar unntuk kendaraan di dalam kita di haruskan membayar lagi untuk parker kendaraan kita. Hal ini mungkin agak tidak mengenakkan bagi pembaca. Namun memang ini kenyataannya. Setelah kita memastikan memarkir kendaraan anda dengan aman, lalu anda dapat berjalan kaki menuju pantai ataupun melihat pemandangan dari atas gunung karang yang berada di sebelah utara. Dari gunung ini anda dapat melihat pemandangan langsung dari ketinggian ±50 M.
            Untuk mendaki gunung karang ini kita dapat menyusuri tangga naik yang ada di sebelah timur.  Jalan untuk menuju ke atas cukup terjal namun anda tidak perlu khawatir karna meskipun terjal tangga yang anda naiki untuk menuju keatas cukup lebar. Yah minimal tidak sesempit tangga menuju kaldera gunung bromo. Jadi jika capek sesekali anda dapat berhenti sejenak dan melihat pemandangan yang ada di belakang anda. Saya jamin setelah anda melihat kebelakang rasa capek yang anda rasakan akan hilang seketika itu juga.
            Jika anda telah mencapai puncak gunung karang ini anda dapat beristirahat dulu di bale-bale yang ada di sini. di puncak ini anda akan di suguhi pemandangan di sekeliling anda.disini anda dapat menyaksikan batu karang yang sangat besar yang ada di tengah laut dan juga dapat menyaksikan pantai watu ulo yang terletak di sisi timur laut.  Jika anda membawa anak pastikan anak anda masih dalam pengawasan anda. Karna di atas puncak ini untuk segi pengamanan masih sangat minim.
            Jika anda selesai berfoto dan menyaksikan pemandangan di atas batu karang ada baiknya anda mencicipi ikan bakar dan berburu oleh-oleh khas jember atau bermain air di sebelah utara pantai. Untuk keamanan pantai di tanjung papuma ini sudah cukup memenuhi standard. Karna beberapa life guard dengan kaos orange sudah siap siaga menolong anda. Mungkin beberapa kesan dari saya yang telah mengunjungi pantai ini yaitu: kurangnya kebersihan para pedagang ikan bakar yang ada di dasar laut menyebabkan bau amis yang menyengat di pantai ini. 

0 comments:

Post a Comment