Coro merupakan bahasa jawa dari kecoak, omong coro bermakna omongan ngelantur tapi dapat dinyatakan jujur. Maka ketenangan serupa apa lagi yang dicari di dunia yang fana ini selain kejujuran. Tulisan berikut merupakan contoh dari omong coro.

Pencarian

Adsense camp

Translate

About Me

My photo
Hi, saya pungkas nurrohman yang mencoba dewasa dengan jalan-jalan

Wednesday, 1 April 2015

Berwisata Adat di Tana Toraja


Makam Batu di Lemo
Hari ini saya berkunjung ke tana toraja. disana saya akan melakukan kunjungan ke beberapa situs pemakaman yang ada di tana toraja. sebenarnya sebagian besar tempat wisata yang ada di toraja merupakan tempat pemakaman. karna menurut riset yang sudah saya lakukan dengan google (alias googling) tana toraja memang layak dikunjungi karna adatnya.
hari ini saya berangkat dari makassar pukul 10.00 dengan kondisi cuaca yang hujan. saya berangkat dengan menggunakan motor. ditengah perjalanan saya singgah sebentar, tepatnya dikota pare-pare (disamping pelabuhan nusantara) di tempat ini saya menyempatkan diri untuk mengincip pisang eppe dan meminum sarabba, dengan berlatar kesibukan masyarakat di pelabuhan nusantara. menurut saya harga dan rasa pisang eppe dan sarabba pare-pare beda jauh dengan yang pernah saya rasakan di makassar (alias pisang eppe di losari dan sarabba'nya sungai cerekang). harga pisang eppe disini hanya 8000 dan harga sarabba'nya hanya 7000.

setelah pisang eppe dan sarabba' habis saya hajar. saya melanjutkan perjalanan menuju enrekang dengan kondisi cuaca yang lumayan bersahabat. saya mulai menggeber motor memasuki kota pinrang. jalur ini sebetulnya lebih cepat untuk sampai enrekang. untuk menuju enrekang dari pare-pare ada 2 jalur yang bisa di lalui yaitu lewat pinrang dan lewat sidrap. bagi pengguna angkutan antar kota biasanya lewat sidrap. namun jika anda membawa kendaraan pribadi bisa lewat pinrang. selain lebih dekat bagi pengguna bank BCA. d
Makam Batu di sepanjang jalan Batu tumonga


ikota ini adalah kota terakhir untuk pengguna bank tersebut. karna untuk kota berikutnya sudah tidak ada bank ataupun atm BCA. setelah melewati jalan berkelok-kelok sampailah dirumah pak lobo. dikota enrekang. karna malam ini hujan cukup lebat maka saya memutuskan untuk bermalam di rumah beliau.
setelah semalam tidur pulas saya pagi hari melanjutkan perjalanan ke kabupaten tana toraja. dari enrekang ke tana toraja saya tempuh 2 sampai3 jam perjalanan. ditengah perjalan saya berhenti sejenak untuk menikmati keindahan gunung nona. konon nana gunung nona berasal dari punggungan dan lembah yang berbentuk seperti kelamin perempuan.
setelah berfoto di gunung nona saya melanjutkan perjalanan menuju tana toraja. jalanan cukup ekstrim seperti nik turun dan berkelok pun kita lewati. memang perjalanan ke tana toraja tidak direkomendasikan malam hari. pertama, karna ekstrimnya jalan yang dilalui dan kedua banyaknya bis malam yang cukup ugal-ugalan membuat sangat berbahaya jika dilalui malam hari bagi pengendara motor. setelah 2 jam perjalanan maka sampailah di kete' kesu.
kete' kesu adalah kumpulan rumah adat (rumah tongkonan) dan ada juga kuburan batu yang terdiri dari beberapa makam. secara adminiatratif kete' kesu berada di kampung kete' kelurahan panta' nakan lolo' kecamatan kesu kabupaten tana toraja. di sini pengunjung dapat mempelajari tradisi adat yang dimiliki suku toraja. khususnya cara pemakamannya.
Kete' Kesu di foto dari kejauhan
setelah puas berfoto ria di kete' kesu saya berburu oleh-oleh dikota rante pao. rante pao merupakan pusat kota di kabupaten toraja utara. disini merupan tempat yang tepat untuk wisatawan mencari oleh-oleh ataupun menyewa motor. para wisatawan juga dapat mencari paket wisata yang disediakan travel agen di kota ini. setelah puas mencari oleh-oleh saya melanjutkan perjalanan ke batu tumonga. di sini pengunjung akan dimanjakan dengan desa adat tradisional yang berada di atas ketinggian. di sepanjang perjalanan disuguhi pemandangan yang tidak akan saya temukan selin di toraja. yaitu pemandangan alam asri berhiaskan rumah tongkonan dan setiap ada batu besar di pinggir jalan pasti ada kuburan batu. memang terkesan seram untuk melewatinya namun jika anda langsung melihat atau melewati rasa seram itu akan hilang dan tergantikan dengan rasa kagum. di desa batu tumonga ini juga ada banyak cafe yang menyuguhkan menu western dan juga penginapan yang sangat exited. pokoknya sangat direkomendasikan untuk menginap satu atau dua hari di desa ini. setelah puas menikmati keindahan desa di atas awan (batu tumonga). sekalian pulang saya mampir ke makam batu lemo.  sama seperti di kete kesu tetapi di lemo anda hanya menemui makam batu yang menjulang tinggi. dan anda tidak akan menemui rumah tongkonan. saya sempat kecewa karna saya tidak menemui perbedaan dengan kete kesu. menurut referensi yang saya googling. di lemo ini terdapat kuburan bayi yang terletak di pohon. menurut wikipedia pemakaman bayi memang di letakkan di pohon agar getah yang berasal dari pohon dapat menjadi pengganti susu. setelah bertanya-tanya ternyata di dekat makam lemo memang ada makam bayi. yaitu di rumah nenek widi atau mama joni. di sinilah specility yang saya temukan. namun sayang setelah sampai tujuan saya tidak bisa memfoto makamnya karna hpnya low bat. setelah puas menimba ilmu tradisi di sini saya memutuskan untuk menjadikan lemo sebagai last destination. dan saya merasa bersyukur karna dilahirkan di negri seribu adat yang sewaktu-waktu dapat dikunjungi.
berikut adalah spesifikasi lokasi yang saya kunjungi di toraja:
1. Kete' Kesu: merupakan makam batu dan memiliki banyak koleksi rumah tongkonan, terletak di kampung kete' kelurahan panta' nakan lolo' kecamatan kesu' kabupaten toraja utara. HTM: 10.000
2. batu tumonga: merupakan desa adat wisata, penginapan, dan cafe. terletak di kampung batutumonga kecamatan sasean sulo'aran kabupaten toraja utara.
3. lemo: merupakan kuburan batu seperti kete' kesu namun ada makam bayinya. terletak di kelurahan lemo kecamatan makale utara kabupaten tana toraja. HTM: 10.000
tips untuk ke toraja:
- bawalah makanan sendiri karna kebanyakan warung disini menjual makanan non halal atau belilah makanan di enrekang.
- bawalah uang cash karna di area toraja, enrekang, sampek pangkajene kepulauan. jarang ada atm atau bank.
- jika anda dari makassar maka mendingan anda mencari penginapan.
- estimasikan waktu kunjungan anda minimal 3 hari

Gunung Nona di perjalanan antara enrekang toraja

2 comments: