Coro merupakan bahasa jawa dari kecoak, omong coro bermakna omongan ngelantur tapi dapat dinyatakan jujur. Maka ketenangan serupa apa lagi yang dicari di dunia yang fana ini selain kejujuran. Tulisan berikut merupakan contoh dari omong coro.

Search This Blog

Translate

About Me

My photo
Hi, saya pungkas nurrohman yang mencoba dewasa dengan jalan-jalan

Saturday 18 December 2021

Covid Viral Lagi


Covid Viral Lagi
by: Akira Kuwata, Kazumasa Yamada, Mutsuo Ichinomiya, Shinya Yoshikawa, Margot Tragin, Daniel Vaulot and Adriana Lopes dos Santos. Redrawn from Booth and Marchant (1987) with permission, doi:10.1111/j.1529-8817.1987.tb04132.x., CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

Akhir tahun ini mulai muncul berbagai berita terkait kasus covid terbaru, semenjak membumbungnya kasus covid di pertenahan 2021 lalu, sudah hampir beberapa bulan media tidak memberitakan hal yang menyangkut covid. Tapi tidak pada akhir tahun ini. Berita carut marutnya penanganan covid dalam segi hukum mulai membanjiri media online maupun media sosial.

Omicron

Omicron adalah virus covid jenis baru, kabarnya kasus ini sudah menjangkit benua Eropa dan Amerika. Kabar terakhir rumah sakit terbesar di Zimbabwe telah lumpuh karena varian ini. Kemari nada pula berita yang menjelaskan ada lima orang yang dicurigai terpapar oleh Covid jenis ini. Empat orang terpapar diluar negeri dan terlacak saat isolasi. Satu orang lainnya tertular entah dari mana, karena orang tersebut adalah pegawai tempat isolasi wisma atlet. Desas-desusnya pula kasus ini tetap dapat menular pada mereka yang sudah vaksin.

Rachel Vennya

Rachel Vennya yang bulan November pulang dari Amerika tanpa melakukan karantina mandiri tersebut, pada bulan desember ini mendapatkan ganjaran atas kecurangannya. Masuk Indonesia tanpa isolasi mandiri dapat menyebabkan virus masuk ke Indonesia dan membahayakan Indonesia. Sialnya selebgram yang akrab disapa Buna ini hanya diganjar wajib lapor dan tanpa dipenjara. Hal ini sangatlah tidak adil, mengingat dulu saat awal PPKM banyak rakyat kecil yang tidak boleh bekerja. Bahkan untuk memenuhi periuk mereka saja mereka dilarang, lah kok malah ada orang tajir melintir liburan ke luar negeri dan tidak diganjar hukuman yang setimpal.

Mulan Jameela

Istri Ahmad Dhani yang sudah menjadi wakil rakyat ini juga bertindak curang mirip Rachel Vennya. Namun bedanya Mulan masih mau isolasi mandiri di rumah. Meskipun isolasi mandiri di rumah tetap saja tidak mematuhi aturan yang harusnya melakukan isolasi mandiri di Wisma Atlit atau hotel yang sudah ditunjuk kemenkes. Yang paling menyayat hati juga pembelaan dari fraksi dimana Mulan bersandar saat menjadi anggota dewan yaitu Fraksi Gerindra, yang menyatakan hal itu boleh-boleh saja. Karena anggota dewan kastanya setara dengan presiden. Ada-ada saja kelakuan wakil rakyat yang seakan menaikan kastanya sendiri, padahal kasta yang dimaksut tidak lebih dari kemampuan untuk menjadi pembuat undang-undang, tidak lebih.

Aturan Karantina Kedatangan Luar Negeri

Entah memang disengaja atau bertepatan, setelah kedua kasus tersebut membuat geger warga negara republik Indonesia, satgas covid pada 14 Desember 2021 mengeluarkan peraturan baru terkait karantina untuk mereka yang baru datang dari luar negeri. Ada yang aneh dengan aturan tersebut. Banyak media menyoroti pengecualian atas aturan tersebut, pihak yang dikecualikan tersebut salah satunya adalah orang terpandang dan orang terhormat. Entah akrobat apalagi yang disajikan pemerintah. Definisi yang membingungkan karena tidak berdasar itu pun juga masih membingungkan rakyat yang berkewajiban untuk menjalankan kewajiban tersebut.

Aturan yang carut marut dari keempat sub-bab ini dapat menyimpulkan bahwa penyelenggara negara masih abai terhadadap bahaya covid jenis baru. Penegakan sila kelima Pancasila yang berbunyi “keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia” rupanya gagal mereka terapkan. Dampaknya pun juga pasti akan sangat serius. Bisa-bisa satu negara tertular virus Kembali, ibadah mulai berjarak lagi, dan ujung-ujungnya warga negara yang dibuat keteteran dengan ulah para penyelenggara negara yang sudah kaya tersebut. Semoga saja hal ini tidak terjadi.

0 comments:

Post a Comment