Coro merupakan bahasa jawa dari kecoak, omong coro bermakna omongan ngelantur tapi dapat dinyatakan jujur. Maka ketenangan serupa apa lagi yang dicari di dunia yang fana ini selain kejujuran. Tulisan berikut merupakan contoh dari omong coro.

Pencarian

Translate

About Me

My photo
Hi, saya pungkas nurrohman yang mencoba dewasa dengan jalan-jalan

Saturday, 29 September 2012

Pemborosan Kertas



        
Tahukah anda, menurut pemerhati lingkungan apabila seorang mahasiswa rata-rata memerlukan 4 sampai 6 X 500 lembar kertas selama masa studinya untuk mengerjakan tugas-tugas akademisnya, maka per orang mahasiswa menggunakan kertas sejumalah 2000 sampai 3000 lembar. Dengan berat kertas rata-rata 50 gram/m2 atau per 6 lembar saja, maka permahasiswa akan menghabiskan kertas sebanyak 15 sampai 25 kg kertas selama masa studinya.
           
Jika jumlah lulusan perguruan tinggi pertahun sebanyak 1000 orang saja maka kertas yang di pakai telah mencapai 15 sampai 25 ton. Jika setiap ton kertas membutuhkan sebanyak 5 m3 kayu, maka setiap angkatan mahasiswa ikut menghabiskan 75-125m3 kayu. Padahal menurut badan pusat statistik secara nasional populasi mahasiswa di seluruh perguruan tinggi sejumlah 2,5 juta orang dengan lulusan sejumlah 0,5 juta orang, maka jumlah kertas yang dipakai mencapai 10 sampai 13 juta ton.

Dari sejumlah fakta di atas apakah anda merasa bersalah karna telah mengkonsumsi kertas yang berdampak pada berkurangnya paru-paru dunia? Mungkin anda masih bertanya-tanya apakah solusi yang paling tepat untuk mengatasi masalah tersebut?  Apakah berhenti menulis di kertas? Apakah berhenti belajar? Bukan seperti itu, tapi inilah beberapa tips yang dapat anda lakukan:
-          Buatlah tempat khusus untuk menaruh sampah dari bahan-bahan kertas. Sampah kertas seperti koran, kertas-kertas bekas dan kardus bisa anda jual ke tukang loak atau lebih baik lagi daur ulanglah sendiri sampah-sampah kertas tersebut.
-          Kumpulkan kertas-kertas setengah pakai yaitu kertas bekas yang baru terpakai pada salah satu sisinya gunakanlah sebagai catatan atau memo pencatat pesan telpon
-          Gunakan kembali amplop bekas yang tidak terpakai untuk mengirim surat internal
Kantor


Ingat! Kayu adalah bahan baku pembuat kertas

0 comments:

Post a Comment