Coro merupakan bahasa jawa dari kecoak, omong coro bermakna omongan ngelantur tapi dapat dinyatakan jujur. Maka ketenangan serupa apa lagi yang dicari di dunia yang fana ini selain kejujuran. Tulisan berikut merupakan contoh dari omong coro.

Translate

About Me

My photo
Hi, saya pungkas nurrohman yang mencoba dewasa dengan jalan-jalan

Saturday, 30 July 2016

Mie Titi Kuliner Hasil Pertukaran Budaya



 Kuliner di sebuah kota identik dengan ciri khas kota tersebut. Seperti halnya mie Titi khas makassar. Makassar yang menjadi kota metropolitannya indonesia timur ini menyebabkan banyaknya manusia yang mengadu nasib disini. Seperti halnya kota metropolitan lain (Surabaya, Medan, dan Jakarta) Makassar juga dihuni banyak orang tiongkok. Mungkin adanya toleransi budaya dari suku asli makassar dan juga pendatang tionghoa maka lahirlah kuliner khas seperti mie Titi ini tentunya.
Hasil gambar untuk mie titi
Sumber: Panduanwisata.id
Mie Titi sendiri sudah sangat lekat di lidah orang makassar, namun kebanyakan yang jual adalah orang keturunan tionghoa. Otomatis kita bisa menemui kuliner satu ini di daerah tionghoa atau pecinan. Kalau di makassar kita bisa menemukan pecinan di daerah jalan sulawesi, yang berjarak cukup dekat dengan pantai losari.

Mie Titi awalnya dibuat oleh Ang Kho Tjao dari namanya aja udah keliatan nih orang merupakan warga keturunan tionghoa. Ang Kho Tjao yang tinggal di makassar memiliki 3 anak yaitu Hengky, ‘Awa dan Titi. Setelah Ang Kho Tjao meninggal resepnya itu diwariskan ke tiga anaknya dan dengan sedikit modifikasi resep jadilah mie Hengky, mie ‘Awa dan mie’ Titi. Sebenarnya di makassar jika anda pergi ke sebuah warung yang memiliki menu mie Titi, pasti mereka punya menu mie ‘Awa. Jadi mie Titinya gak sendirian. hehehehe

Mie Titi merupakan mie kering yang disiram kuah kental yang memiliki rasa campuran seafood dan ayam. Seperti halnya kuliner khas tionghoa lainnya mie Titi juga banyak daging dan sayurannya. Kebayangkan gimana rasanya, mie kering yang disiram kuah kental terus di kasi daging ayam yang buanyak dan sayuran. (Dilarang ngiler ya)

Bagi anda yang belum sempat ke makassar untuk menjajal mie Titi anda mungkin bisa searching siapa tau di kota anda sekarang sudah ada mie Titi. Kabar-kabarnya sih mie Titi ini sudah ada di kota besar di pulau jawa. Seperti jakarta, surabaya dan kota lain. Oke sekian review kuliner nusantara dari saya. Selamat berburu dan mencoba mie Titi ya...

1 comment:

  1. artikelnya bagus, ijin share di http://ksmtour.com ya, terima kasih

    ReplyDelete