Coro merupakan bahasa jawa dari kecoak, omong coro bermakna omongan ngelantur tapi dapat dinyatakan jujur. Maka ketenangan serupa apa lagi yang dicari di dunia yang fana ini selain kejujuran. Tulisan berikut merupakan contoh dari omong coro.

Pencarian

Translate

About Me

My photo
Hi, saya pungkas nurrohman yang mencoba dewasa dengan jalan-jalan

Monday, 1 July 2019

3 Fungsi Web untuk Influencer


Influencer butuh website
Website untuk Influencer (photo by tranmautritam)

Akhir-akhir ini mulai muncul berbagai orang terkenal namun hanya di dalam media daring. Biasa disebut influencer, karena memang berhasil untuk mempengaruhi atau meng-influence orang untuk bertindak. Dari seorang influencer inilah berbagai tren cepat berubah. Dengan memberikan update status lalu banyak yang melihat dan bila update story/feed/tweet itu terlihat menarik maka banyak orang melakukannya.
Influencer terdiri dari banyak profesi. Bukan hanya artis yang terlihat kece badai saja yang menjadi influencer. Ada influencer traveling yang fokus pada tips untuk jalan-jalan, influencer politik yang acap kali memberikan pandangan dan pembelajaran politik, influencer makanan yang sering berbagi tempat atau cara memasak makanan, dan influencer bidang lain. Mereka akan berbagi berbagai hal yang tentunya akan fokus di bidangnya pada platform sosial media mereka.
Cara mudah untuk melihat apakah mereka influencer bisa dari jumlah followernya. Bila di Twitter dan Instagram bisa melihat followernya, bila di fanspage Facebook bisa dilihat dari jumlah like pada fanspagenya, bila di Youtube bisa dilihat dari jumlah subscribenya. Ini biasa dilakukan oleh agen iklan, dimana jumlah pengikut tersebut dapat mencerminkan jumlah penonton setiap postingan.

Back up Konten

Fenomena memperbaiki postingan di sosial media ini rasanya sangat populer akhir-akhir ini. Sehingga para influencer sangat mengandalkan sosial media sebagai tempat memberikan semua kontennya. Entah itu konten video, foto, opini, ataupun konten podcast. Semua mereka upload di sosial media saja, tanpa ada back up untuk setiap konten tersebut. Karena biasanya setiap konten yang mereka buat muncul secara tiba-tiba, kecuali bila ada sebuah tim kerja seperti Raditya Dika, Erix Soekamti, Mojok, Lingkar Malang atau influencer tingkat dewa lainnya. Bila tidak ada tim kerja dan kita bergerak sebagai single fighter? Pasti akan sangat kesulitan dalam mengarsipkan setiap konten yang kita buat.

Arsip Portofolio

Arsip konten ini sebetulnya sangat penting. Selain sebagai back up dokumen bila sewaktu-waktu akun sosial media kita hilang seperti kasusnya JRX. Pun juga bisa dikatakan untuk membangun nama, sebagai portofolio saat sewaktu-waktu ada seorang klien meminta rekam jejak kreasi kita. Karena tidak dapat dipungkir, bila seorang klien akan bekerja sama dalam proyek jangka panjang pasti akan meminta portfolio. Hanya untuk melihat seberapa bagus hasil kreatifitas kita, bukan hanya melihat seberapa besar orang yang melihat postingan.
Dari sinilah dibutuhkan sebuah website yang tidak hanya dapat menjadi tempat back up konten yang sudah dibuat, tapi juga dapat dilihat sewaktu-waktu oleh semua orang. Bila masih belum menguasai design web saya sangat menyarankan untuk memakai jasa pembuatan web berkualitas. Karena biasanya banyak sekali faktor yang dipertimbangkan dalam menata sebuah website. Bukan hanya mempertimbangkan enak dilihat oleh manusia tapi juga mempertimbangkan enak dilihat oleh mesin pencari. Sehingga website dapat muncul di mesin pencari alias bisa digunakan untuk marketing secara otomatis.
Bila arsip portofolio sudah aman, seorang influencer hanya tinggal fokus kepada konten yang ia buat saja. Tanpa ada kekhawatiran bila akun sosial media diretas dan secara otomatis juga sudah membangun nama atau branding melalui website yang ia miliki. Jadi induk semua konten yang tersebar di sosial media adalah website. Karena kita sendiri yang memiliki dan sangat jauh dari kata "tergantikan". Sebetulnya banyak contohnya akun sosial media yang sudah tergantikan, katakanlah Line yang kini di dalam feednya sudah mulai jarang ada akun influencer yang ramai.

Presentasi Project

Selain itu fungsi tambahan dari website seorang influencer juga dapat menjadi tempat presentasi sebuah produk atau project. Secara mudahnya dapat dikatakan website ini bisa menjadi proposal online bagi para influencer. Tentunya bila memiliki program yang ingin dibiayai kita harus menyiapkan materi menarik dan mudah di pahami. Untuk bidang ini saya menyarankan grapiku sebagai web developer. Penyedia jasa web desain yang mengklaim dirinya sebagai pemberi nyawa pemasaran agaknya menjadi pilihan tepat. Karena akan memberikan grafik yang dapat dikatakan imut dan menarik untuk presentasi anda.

Maka dari itu sebaiknya influencer tidak hanya memiliki sosial media dengan pengikut yang banyak saja, tapi juga memiliki web dengan fungsi seperti yang saya sebutkan di atas. Demi untuk mengarsipkan karya yang sudah dibuat. Sangat disayangkan bukan bila portofolio ikut tenggelam sejalan dengan tren sosial media yang sangat susah diprediksi.

0 comments:

Post a Comment