Coro merupakan bahasa jawa dari kecoak, omong coro bermakna omongan ngelantur tapi dapat dinyatakan jujur. Maka ketenangan serupa apa lagi yang dicari di dunia yang fana ini selain kejujuran. Tulisan berikut merupakan contoh dari omong coro.

Search This Blog

Translate

About Me

My photo
Hi, saya pungkas nurrohman yang mencoba dewasa dengan jalan-jalan

Sunday, 1 December 2019

Setelah Posting Konten Lalu Apa?


Sumber: Searchengineland.com

Blogger menurut saya bukan hanya menulis saja. Seperti layaknya konten kreator lainnya, jika tidak bekerja di bawah manajemen kita wajib untuk merangkap semuanya. Mulai dari memikirkan apa yang akan kita buat konten, desain blognya seperti apa, hingga memasarkan konten kita seperti yang sudah saya tuliskan di atas. Tujuan akhir dari semua itu hanyalah satu. Agar halaman kita banyak yang mengunjungi, konten kita banyak yang mengkonsumsi dan akhirnya adsense kita menjadi sangat berarti.
Maka dari itu kali ini saya ingin sharing apa yang saya lakukan setelah menulis konten blog. Mungkin bisa teman-teman contoh agar konten teman-teman blogger banyak yang mengkonsumsi. Masak sih pengunjung blog hanya segitu saja, kan gak asik.

Posting di Webmaster

Sebetulnya nama resminya bukan posting tapi request indeks. Webmaster yang saya maksut adalah Google Webmaster. Saya jelaskan sedikit tentang Webmaster. Jadi Google memberikan cara untuk pemilik web agar webnya dapat terindeks di Google. Sebetulnya meskipun tidak memasukkan secara manual artikel anda tetap akan terindeks, tapi biasanya lebih lama. Jadi daripada menunggu lama untuk terindeks lebih baik memasukkan secara manual.
google webmaster
Cara Posting di Webmaster

Cara memasukkannya mudah, hanya harus mendaftar akun Webmaster dan masukkan alamat page seperti contoh di atas. Jika alamat masih belum terindeks di Google lakukan request pengindekan. Setelah itu tunggu beberapa jam dan alamat page anda sudah terindeks oleh Google.

Google Question Hub

Biasanya saya mencoba-coba untuk mencari topik di Google Question Hub. Memang tidak langsung menaikan artikel yang sudah kita tulis. Minimal satu bulan artikel kita akan masuk di halaman pertama Google. Itupun jika ada pertanyaan yang jawabannya terjawab oleh artikel yang kita buat. Jika tidak ada pertanyaan yang terjawab maka kita akan sia-sia masuk Google Question Hub.
Jangan sekali-kali memasukkan artikel kita jika memang tidak menjawab pertanyaan yang sudah ada di Google Question Hub. Karena Google akan mendeteksi aktifitas kita dengan aktifitas mengganggu alias SPAM. Selain itu jika Google tetap mengindeks artikel kita, pasti akan menyesatkan pembaca. Sekedar informasi Google Question Hub diperuntukkan hasil searching yang tidak terjawab oleh Google. Kalau kita tetap memaksakan artikel kita, jelas akan menyesatkan.

Posting di Sosial Media

Jurus ampuh untuk menaikkan pengunjung sebenarnya adalah memanfaatkan sosial media. Manfaatkan grup blogger untuk share artikel yang baru dibuat. Pasti akan ada blogger lain yang saling berkunjung. Apalagi jika kita rutin mempublikasikan page yang baru kita buat. Pasti ada orang-orang tertentu juga yang senantiasa berkunjung ke website kita.
Jika sudah dikunjungi jangan lupa pula untuk berkunjung ke website anggota grup lain yang sudah mempublikasikan website-nya. Karena pasti akan menjadi circle tersendiri yang dapat menjadi pengunjung tetap website anda. Jangan sekali share langsung menghilang tanpa berkunjung ke website lain. Karena jika sekali share langsung hilang anda akan gagal menjaring pengunjung website.

Komen di Blog Orang Lain

Komen di blog lain merupakan langkah efektif lainnya. Karena dengan blogwalking dan membubuhkan komen pasti pemilik blog akan meninggalkan kesan anda sudah menghargai artikel yang sudah ia buat. Penghargaan ini tidak akan sia-sia. Pasti ada imbasnya, yaitu website anda akan dikunjungi dan dikomentari oleh blogger lain.
Setelah Komen di blog jangan langsung keluar, sebaiknya kunjungi juga mereka yang sudah komentar di blog tersebut. Jadi sekali dayung dua atau tiga pulau dapat terlampaui. Pasti orang yang komentar tersebut blog-nya aktif dan sangat berpotensi untuk diajak friend with benefit (FWB).
Setidaknya dua langkah terakhir ini dapat membawa anda ke circle blogger. Ibarat kata kolom komen di website itu sudah menjadi tempat pertemuan anda dengan teman-teman blogger lainnya. Anggap saja tempat chat anda dengan blogger lainnya. Sehingga jalinan pertemanan dapat mendongkrak rating blog anda.

Setidaknya keempat langkah tersebut yang rutin saya lakukan. Sehingga dapat membawa kita ke jejaring pertemanan dengan blogger lainnya. Memang membutuhkan kesungguhan, karena jika kita hanya sekedar menjalankan tanpa serius pasti tidak akan berdampak. Atau paling parahnya kita hanya dianggap robot, yang hanya menjalankan prosedur tanpa mau diajak interaksi.

12 comments:

  1. Enaknya kalau share di sosial media bisa meningkatkan jumlah pengunjung. Belum lagi kalau sosial medianya banyak, pengikutnya banyak, dan tulisannya relevan. Bakal jadi viral seketika artikel tersebut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan berujung adsense yang cepat naik. Hehehe (tertawa jahat)

      Delete
  2. Yang belum coba google question hub, tapi kok pengunjung tiap hari gak bisa tembus 100 ya...mungkin masih butuh proses...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rutinin aja posting, biar keywordnya malah banyak.

      Delete
  3. Kecuali yang google question hub, semua sudah saya lakukan. Malah baru tahu tentang google question hub ini.. Kudet ya saya. Hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah namanya inovasi google, cepet banget. Gak ada kata kudet untuk belajar SEO bu.

      Delete
  4. Langkah pertama baru kucoba tadi siang. Bw juga baru beberapa bulan ini. Sebenarnya saya pingin banget punya circle, biar tiap punya artikel ada yang rutin komen. Hehe. Tapi belum bisa ajeg. Bw nya juga masih setengah setengah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rutinin aja blogwalking. Tapi jangan lupa komen dan ikuti blog yang rutin update. Lumayan tuh buat bahan bacaan.

      Delete
  5. saya pernah ada pengalaman posting artikel blog di fb, mungkin banyak yang share malah ke blok. sampai sekarang masih ke blok mas. mungkin bisa di buatin artikel biar aman share ke fb tanpa ke blok mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah kok gitu? Coba deh cobak otak atik fb open graph.

      Delete
  6. Saya jarang banget posting ke webmaster, padahal itu penting ya.
    Dan jadi penasaran sama google question hub

    ReplyDelete
    Replies
    1. Otak atik aja mbak google akunnya, soalnya kurang lebih kita akan dapat keuntungan dari belajar SEO.

      Delete