Coro merupakan bahasa jawa dari kecoak, omong coro bermakna omongan ngelantur tapi dapat dinyatakan jujur. Maka ketenangan serupa apa lagi yang dicari di dunia yang fana ini selain kejujuran. Tulisan berikut merupakan contoh dari omong coro.

Search This Blog

Translate

About Me

My photo
Hi, saya pungkas nurrohman yang mencoba dewasa dengan jalan-jalan

Tuesday 4 April 2023

Cara Tukar Uang di Bank Indonesia


Musim lebaran begini biasanya banyak warga yang menukarkan uang baru di Bank Indonesia. Dikarenakan alasan tersebut juga, saya sebagai bagian dari warga juga melakukan hal yang sama. Yaitu menukar uang baru untuk keperluan galak gampil sanak famili. Dalam tulisan kali ini saya akan memberikan penaduan bagaimana cara menukar uang di Bank Indonesia, khususnya pada kantor perwakilan Papua Barat (Manokwari).

Daftar Melalui BI Pintar

BI Pintar merupakan aplikasi milik Bank Indonesia yang dikhususkan untuk menukar uang, entah itu uang baru, uang rusak, atau uang yang dapat dikoleksi. Caranya buka web bi.pintar.go.id lalu pilih menu penukaran uang rupiah melalui kas keliling seperti pada gambar.

Halaman BI Pintar

Di Manokwari hanya bisa menukar uang di terminal wosi dan hanya bisa dilakukan hari rabu. Setelah memilih penukaran uang rupiah melalui kas keliling lalu pilih provinsi, lalu klik lihat lokasi seperti pada gambar.


Lalu akan muncul daftar tempat penukaran yang ada di provinsi anda. Pilih (yang warna hijau) salah satu, jangan lupa tentukan jamnya juga.


Setelah itu akan muncul menu seperti pada gambar di bawah, isi dengan NIK anda. Untuk “konfirmasi KTP” isikan NIK anda lagi. Setelah data terisi, klik lanjutkan yang warna biru.

Lantas akan muncul data uang pecahan yang akan di tukar, jadi anda tidak dapat menambah atau mengurangi jumlah uang yang akan anda tukar. Lantas klik kotak “Saya Bukan Robot” dan klik pilih.

 Setelah itu unduh bukti pemesanan.

2. Tukar di Lokasi Kas Keliling

Seperti yang saya bilang sebelumnya, lokasi kas keliling sudah tertera di saat kita membuat transaksi di BI Pintar. Pengalaman saya kemarin saat menukar di Terminal Wosi, ada keterlambatan kedatangan mobil kas keliling. Jadi saya sarankan untuk datang lebih lambat saja.

Untuk syarat yang harus dibawa yaitu bukti pemesanan saja sudah cukup dan tentunya membawa uang yang akan di tukar.

sekian panduan singkat untuk menukar uang di Bank Indonesia, hal ini bisa digunakan untuk penukaran ke Bank Indonesia di tempat lain juga. Semoga membantu.

0 comments:

Post a Comment