Coro merupakan bahasa jawa dari kecoak, omong coro bermakna omongan ngelantur tapi dapat dinyatakan jujur. Maka ketenangan serupa apa lagi yang dicari di dunia yang fana ini selain kejujuran. Tulisan berikut merupakan contoh dari omong coro.

Translate

About Me

My photo
Hi, saya pungkas nurrohman yang mencoba dewasa dengan jalan-jalan

Tuesday, 23 July 2019

5 Tips Agar Tidak Tertipu Travel Umroh


Tips agar tidak tertipu travel umroh
Umroh harus pikir-pikir dulu (sumber: dokpri)
Beberapa hari lalu Indonesia digemparkan dengan kasus penipuan travel umroh. Korbannya tak sedikit, sekitar ribuan orang menggugat biro perjalanan yang menerima pembayaran. Seketika itu juga mulai banyak yang lebih berhati-hati dengan biro perjalanan umroh. Untuk menepis kekhawatiranmu, kini saya buatkan 5 tips mencari travel umroh yang tidak abal-abal. Berikut tipsnya.

Memiliki Izin

Sebuah usaha sebaiknya memiliki izin, terlebih lagi usaha perjalanan yang mengantarkan orang jauh ke negeri yang berjarak ribuan kilometer di luar sana. Setidaknya dari izin yang dikeluarkan oleh pihak terkait sudah memberikan jaminan pasti bahwa usaha tersebut memang sudah diberikan kuasa untuk mengantarkan kita beribadah.
Biasanya sebuah usaha memiliki izin yang dikeluarkan oleh kementrian industri. Biasanya orang awam menyebutnya SIUP. Selain izin usaha ini khusus travel umroh juga harus ada izin dari kementrian agama, namanya Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU). Untuk mengurus PPIU ini jelas sebuah biro perjalanan memiliki izin dan kementerian pariwisata. Karena persyaratan yang harus dimiliki sebelum mengurusnya yaitu sudah beroperasi sebagai biro perjalanan wisata selama dua tahun. Untuk mengeceknya bisa klik di web kementerian agama.

Cek Testimoni

Testimoni merupakan hal yang wajib diselidiki. Selain kita dapat mengeceknya secara real, testimoni juga sepertinya sangat objektif. Sebaiknya pengecekan testimoni ini tidak hanya secara online, tapi langsung menanyakan kepada orang yang sudah pernah berangkat secara face to face. Dari sana anda sudah dapat mendapat data kenyamanan perjalanan.
Mulai dari paket yang pernah diambil, kenyamanan ibadah, kenyamanan akomodasi selama di Arab dapat anda tanyakan semua. Dari perbincangan tersebut setidaknya anda sudah yakin bila travel umroh tidak abal-abal.

Harga Paket Wajar

Pengecekan satu ini sepertinya sangatlah mudah. Di era digital ini anda dapat sekedar mengecek harga. Tanpa ragu ataupun malu anda bisa hanya sekedar bertanya tanpa membeli. Paling penting untuk dicek adalah harga pesawat. Hanya untuk berpatokan harga saja, karena unsur tiket pesawat ini merupakan beban terbesar dalam akomodasi perjalanan anda.
Jika mau dirinci sebetulnya bisa saja, cukup menambahkan unsur harga sewa hotel dan makan selama di sana. Untuk unsur biaya perjalanan lain tidak perlu dicek. Karena harganya pasti naik turun. Dengan mengecek harga tiket pesawat, sewa hotel, dan makan anda sudah mengantongi harga wajar. Tinggal cross check dengan harganya saja.
Secara logika agen travel tidak mungkin memberi harga paket lebih murah dari itu. Jika memberi harga lebih mahal sah-sah saja. Malah jika anda mendapat paket yang terlampau murah patut dicurigai. Karena namanya orang usaha tidak mungkin menjual rugi.

Tanggal Keberangkatan Jelas

Selain harga, tanggal keberangkatan ini juga yang patut diperhatikan. Karena namanya sebuah biro perjalanan pasti sudah merencanakan perjalanannya jauh-jauh hari. Apalagi untuk sebuah perjalanan jauh maka sudah pasti ada tanggal keberangkatan beserta itinerary paket. Minimal tiga bulan sudah ditentukan tanggal keberangkatan.
Jika anda disuruh membayar tapi masih belum pasti berangkatnya tanggal berapa, lebih baik cari saja biro perjalanan lain. Salah satu contoh biro perjalanan yang sudah memasang tanggal jauh-jauh hari adalah Ahsanta. Di website tersebut sudah berani memajang waktu keberangkatan beserta harga paketnya sekaligus.

Antisipasi Janji Tidak Wajar

Biasa kita lihat janji-janji yang seakan biro perjalanan akan menanggung kerugian. Contohnya, kalimat "Jika hotel tidak sesuai kenyamanan kami berani kembalikan uang full". Ini merupakan bahasa marketing yang secara logika tidak masuk akal. Sebaiknya hindari travel seperti ini.
Karena dengan bahasa yang secara marketing saja sudah berbohong, pasti nanti akan sangat mengganggu perjalanan ibadah anda. Alih-alih fokus untuk ibadah, anda malah akan berfokus pada penawaran yang bombastis tersebut. Tentunya sangat menggiurkan namun saya sangat tidak merekomendasikan.

Sekian 5 tips cara mencari travel umroh yang dapat saya sampaikan. Sayang rasanya niat suci anda untuk beribadah berujung ditipu. Maka jika boleh memberikan rekomendasi nama, saya merekomendasikan Ahsanta. Rasanya biro perjalanan ini juga sudah dapat dicek di website saja. Hanya poin pengecekan testimoni saja yang tidak dapat dilakukan secara online.

8 comments:

  1. terima kasih sudah sharing dan yang paling menggoda biasanya promo paket umroh murah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya yang paling menggoda ini yang paling patut diwaspadai

      Delete
  2. Wahhh kalau udah seperti itu, dikembalikan gak yaa uangnya, kasian banget kalau ketipu trus mereka hilang begitu saja yakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kyk kasusnya travel umroh yang abal-abal kemarin mas. Paling pemiliknya saja yang masuk penjara, uang tidak kembali.

      Delete