Coro merupakan bahasa jawa dari kecoak, omong coro bermakna omongan ngelantur tapi dapat dinyatakan jujur. Maka ketenangan serupa apa lagi yang dicari di dunia yang fana ini selain kejujuran. Tulisan berikut merupakan contoh dari omong coro.

Translate

About Me

My photo
Hi, saya pungkas nurrohman yang mencoba dewasa dengan jalan-jalan

Wednesday, 7 August 2019

Tak Perlu Repot Dengan Asuransi Astra


Inovasi Teknologi Keuangan
Kakakku dan Motor Barunya (sumber: Dokpri)
Beberapa bulan kemarin kakak saya yang ke-4 membeli motor baru. Senang rasanya setelah beberapa tahun tidak pernah membeli motor akhirnya terbeli juga. Entah memang tradisi keluarga atau bagaimana, yang jelas di dalam keluargaku tidak ada tradisi untuk membeli motor di dealer secara kredit. Kata bapak, cara membeli motor dengan kredit akan terlihat sangatlah mahal.
Mungkin ada-adanya bapak saja, lha wong bapak ini adalah petinggi koperasi karyawan bernama Karya Tirta kok. Jelas saja beliau pasti menuding instrumen keuangan lain bunganya menggunung. Ibarat kata bapak ini melakukan strategi promosi dengan cara kampanye hitam. Menjelekkan penyedia jasa keuangan lain demi meninggikan koperasinya.
Tapi meskipun bapak ketua koperasi karyawan, sangat jarang sekali beliau membeli motor baru. Sepertinya semenjak saya lahir tidak pernah melihat pick-up dealer warna putih dengan logo merah mengantar kendaraan baru ke rumah kami. Pasti setiap beli motor ya ke penyedia motor bekas. Kata bapak lebih masuk akal harganya daripada membeli motor baru yang harga bekasnya pasti turun.
Mulai dari kelima putranya belum pandai menaiki vespa sampai salah satu putranya pernah touring lintas pulau, bapak tetap melanggengkan adat membeli motor bekas. Mau tidak mau tradisi tersebut menular ke semua putranya. Tapi kakak saya yang ke empat ini sepertinya anti-mainstream. Berusaha mendobrak tradisi keluarga dengan membeli motor baru.
Mungkin dia sudah merasa cukup untuk menanggung turunnya harga motor bekas bila dijual ke pasar. Namun lagi-lagi bapak mempromosikan koperasi karyawan dinas pengairan tersebut. Trik beliau tergolong unik. Dengan menyuruh kakak mencari referensi jasa keuangan untuk kredit kendaraan. Setidaknya pat brosur dengan mekanisme cicilan sudah dikumpulkan.
Lalu bapak membuat mekanisme cicilan berdasarkan perhitungan ala koperasinya. Beliau mencorat-coret bagian belakang kalender untuk memberikan analogi sederhana cicilan. Memang kalah rapi dengan brosur lembaga finansial yang sudah terkumpul. Tapi hasilnya cukup mencengangkan. Hasil perhitungan dari pulpen tersebut dapat membuktikan berhutang kepada koperasi lebih murah dari keempat brosur yang terkumpul tersebut.
Tiba-tiba saya teringat teman bapak yang mengkredit dengan mekanisme tersebut lalu motornya hilang. Seingat saya baru lima bulan membayar cicilan motor teman bapak hilang. Sudah lapor ke Polres tapi tetap saja masih belum ketemu. Alhasil kawan bapak yang seorang pensiunan tersebut tetap membayar cicilan ke Koperasi meskipun motor hilang diambil pencuri.
Dengan pengalaman saya yang pernah belajar tentang perencanaan finansial, saya memberikan saran untuk mengasuransikan motor baru tersebut. Bukan karena buruknya anggapan di masa mendatang. Tapi sekedar antisipasi saja. Karena setiap mengangsur kendaraan pun perusahaan finansial juga memberikan asuransi kendaraan. Mungkin kalau perusahaan finansial melakukan hal itu karena memang paham resiko pelanggan yang pasti enggan untuk membayar cicilan motor yang sudah hilang.
Syukurnya kakak saya mendengarkan nasehat saya. Maka dicarilah perusahaan asuransi kendaraan. Mungkin kakak saya sudah lelah untuk mengumpulkan brosur lagi. Maklum setelah kesana kemari mencari brosur penyedia kredit kendaraan, sepertinya tenaganya juga sudah habis. "Hanya untuk mencari referensi saja masak harus lari-lari lagi?", Keluhnya.
Saya pun mencari referensi dengan sebatas berselancar di dunia maya. Maka bertemulah dengan Asuransi Astra. Asuransi satu ini sepertinya sudah berinovasi dalam memberikan penawaran. Inovasi teknologi keuangan ini sebetulnya yang kami tunggu-tunggu. Dengan mempelajari produk hanya dari genggaman telepon pintar, pasti tidak harus berpanas-panas hanya untuk mengumpulkan brosur.
Garda oto botchat
Icon Botchat Garxia (Sumber: playstore Garcia)

Namun seperti yang saya bilang di atas. Inovasi teknologi keuangan sepertinya yang membuat salah satu lini bisnis Astra Financial Service ini dipilih oleh kakak saya. Salah satu inovasi teknologi yang digunakan adalah chatbot yang bernama Garxia. Untuk berinteraksi dengan robot yang digambarkan wanita dengan rambut panjang ini kita cukup mengunduh aplikasi Garda Mobile Otocare. Di sana kakak saya bercengkrama dengan robot chating yang berbaju biru tersebut.
Setelah mendapatkan penjelasan tentang pembelian asuransi, tiba-tiba saya menghentikan pembeliannya. Karena sepertinya ada yang mengganjal bila tidak tahu produk atau perjanjian antara penanggung dan tertanggung. Kembali lagi saya berselancar untuk mencari referensi. Voila! Saya menemukan informasi produk yang dibutuhkan kakak saya. Menurut saya penjelasannya sangat mencerahkan, seperti muka yang setiap hari tersiram air wudlu. Bagaimana tidak? informasi seperti di link ini sudah menjelaskan risiko yang dijamin, prosedur klaim, sampai pengecualian sudah tertulis dan mudah untuk dipelajari. Sekali lagi dari sini Garda Oto sudah berhasil untuk menjelaskan tanpa membawa polis asuransi.
Jika masih kurang pas di hati karena kurang interaksi dengan manusia. Ada namanya layanan Garda Akses. Jadi hanya untuk memantapkan hati pelanggan yang biasa bercengkerama dengan penjualnya. Karena tidak dipungkir masih ada sebagian orang yang kurang mantap hati ketika membeli produk tanpa bertanya langsung ke penjual.
Sepertinya bila diulik lebih dalam pasti sangat banyak lagi inovasi teknologi oleh Astra Financial Service. Jadi sangat memudahkan bila mendaftar asuransi dengan berbalut teknologi informasi seperti Garda Oto ini. Tidak hanya asuransi motor hilang dan kecelakaan saja. Setelah saya berselancar juga ada beragam asuransi konvensional maupun syariah yang disediakan. Jadi lebih mudah.
Setelah memantapkan hati kakak saya memilih Garda Oto untuk menanggung asuransi motor barunya. Setelah membeli motor hanya memasukkan beberapa data yang diperlukan dan asuransi sudah ada. Artinya bila motor baru tersebut hilang dapat melakukan mekanisme klaim yang sudah dipelajari sebelumnya. Cukup mudah rasanya bila semua penjual jasa sejenis juga menyediakan informasi sejelas dan semudah ini. Mudah untuk dipelajari juga mudah untuk dibeli.

0 comments:

Post a Comment