Coro merupakan bahasa jawa dari kecoak, omong coro bermakna omongan ngelantur tapi dapat dinyatakan jujur. Maka ketenangan serupa apa lagi yang dicari di dunia yang fana ini selain kejujuran. Tulisan berikut merupakan contoh dari omong coro.

Search This Blog

Translate

About Me

My photo
Hi, saya pungkas nurrohman yang mencoba dewasa dengan jalan-jalan

Friday 21 May 2021

Terperosok Terlalu dalam di Wikimedia


rentetan souvenir yang didapat dari wikimedia

 Akhir-akhir ini sepertinya saya jatuh terlalu dalam kepada Wikipedia Indonesia, Wikipedia adalah organisasi nirlaba yang menaungi beberapa proyek-proyek wiki lainnya yang paling terkenal adalah Wikipedia. Setahun yang lalu saya pernah ikut berpartisipasi untuk menjadi kontributor wikisource, proyeknya lumayan seru, tidak perlu mikir seperti proyek Wikipedia. Namun hanya memerlukan ketelitian yang lebih, karena melakukan uji baca terhadap buku dan dokumen yang sudah di-scan. Hanya mencocokkan huruf perhuruf antara tulisan dan hasil pemindaian dokumen. Itulah pertama kali saya berinteraksi dengan orang dan proyek wiki. 

Setelah itu saya dimasukkan ke grup telegram Wikipedia. Isinya semua kontributor, aktifis, hingga pengurus Wikipedia secara keseluruhan. Barulah saya mendapat berbagai ajakan untuk berkontribusi lebih lanjut di proyek-proyek wiki. Berlanjut pada proyek wikidata untuk memasukkan berbagai data makanan nusantara ke wikidata. Nama proyeknya datathon. Lagi-lagi saya perlu menekankan bahwa proyek ini tidak memerlukan pemikiran yang dalam. Wikidata hanya mewajibkan kita untuk memasukkan data dan nilai yang sesuai terhadap objek yang dimaksudkan. Agak susah menjelaskannya, jika pembaca sekalian kepo, bisa langsung meluncur ke websitenya saja.

Selain tidak perlu mikir yang susah seperti Wikipedia, di kompetisi datathon yang saya ikuti ini juga tidak banyak saingan untuk memenangkan giftcard senilai 200.000. Lumayan seru untuk sekedar niat-niatan dalam melakukan suntingan di wikidata. Toh jika tidak menang juga ada berbagai kuliner Indonesia yang sudah dilakukan pendataan, siapa tau data tersebut dapat dimanfaatkan dalam penelitian lebih lanjut. Tapi yang mencengangkan lha kok ndilalah saya menang. Jadi semakin niat lagi saya untuk berkecimpung di proyek-proyek wiki lainnya. 

Alhasil saya mengikuti datathon lagi, kali ini tidak berkompetisi untuk memasukkan data sebanyak mungkin, melainkan kita mendapat pagu hadiah. Jika mengedit berapa bita (karakter dan yang tau mekanisme penghitungannya hanya mesin di Wikipedia) kita akan mendapat apa. Semakin banyak kita menyunting semakin banyak pula hadiah yang diberikan. Disini sepertinya saya all out sekali. Sampai saya mendapat peringkat tertinggi kedua dalam ranking peserta. Setiap hari saya melakukan pendataan berbekal google dan sekaligus memasukkan berbagai rujukan untuk tambahan. 

Setelah tiga kali mengikuti berbagai proyek wiki dan hadiah hiburan seperti yang saya foto di awal artikel ini dikirimkan ke Manokwari. Saya malah merasa harus menjadi bagian dari Wikipedia, jadilah saya mendaftar dan ikut menjadi anggota wikimedia. Entah mengapa untuk organisasi yang rela mengirimkan hadiah ke papua saya merasa harus memberikan respek yang luar biasa. Seperti yang kita ketahui, ongkos kirim ke Manokwari dari Jakarta tidaklah murah. Bisa saja wikimedia mengenakan tarif kirim, seperti halnya promo gratis ongkos kirimnya Shopee yang hanya ditanggung se-jawa bali. Tapi herannya wikimedia tetap mengirimkan berbagai hadiah hiburan. Selain itu biaya pendaftarannya juga cukup murah hanya 200 ribu rupiah. Pasti bisa balik modal jika rajin ikut kompetisi. Bahkan yang membuat saya kaget ternyata keanggotaan Wikipedia ini dibuatkan grup, dan ada ivan lain di grup whatsapp. Ternyata beliau sesuai dengan bio di twitternya yang menyatakan bahwa ia adalah wikipediawan. Selain segrup dengan ivan lain, ternyata ada souvenir yang diberikan. Berupa tas belacu dan termos yang berwarna hijaunya aplikasi whatsapp.

Setelah meraih pengalaman yang tak terbayangkan, semakin meningkatlah tekat untuk mengikuti proyek wiki lainnya selagi bisa. Dan proyek selanjutnya yang saya ikuti adalah melakukan uji baca lagi di wikisource. Seperti kemarin, saya hanya mengincar hadiah hiburan saja. Dan ternyata dapat hadiah hiburan yang sama persis dengan proyek uji baca setahun yang lalu yang pernah saya ikuti ditambah satu tumbler.

Lantas kini tak tanggung-tanggung saya mengikuti kegiatan hibah paket data. Alhamdulilah tembus dan saya diwajibkan mengedit belasan ribu bita perbulan. Semoga saja dapat terpenuhi dengan memasukkan berbagai hal tentang papua yang selama ini tertutup dari media. Selain mendapat pengalaman baru, saya rasa ini sebuah nubuat yang memang harus saya lakukan untuk papua. Meskipun hanya sebatas wikidata, semoga kedepannya dapat dikembangkan menjadi artikel di wikipedia.

0 comments:

Post a Comment