Coro merupakan bahasa jawa dari kecoak, omong coro bermakna omongan ngelantur tapi dapat dinyatakan jujur. Maka ketenangan serupa apa lagi yang dicari di dunia yang fana ini selain kejujuran. Tulisan berikut merupakan contoh dari omong coro.

Search This Blog

Translate

About Me

My photo
Hi, saya pungkas nurrohman yang mencoba dewasa dengan jalan-jalan

Saturday, 9 November 2019

Manfaat Cuka Apel


kegunaan cuka apel
Cuka Apel

Akhir-akhir ini produk kecantikan alami mulai naik daun. Berawal dari adanya kandungan zat berbahaya dari kosmetik non-alami, menjadikan perlahan konsumen kosmetik khususnya perempuan mulai beralih. Memang efek yang ditimbulkan kosmetik alami ini tidak begitu cepat. Namun dapat dikatakan sangat aman. Dengan mengubah perlahan-lahan jika tidak cocok pun akan dapat dihentikan sedini mungkin.
Dari sekian produk kosmetik alami yang mulai naik daun tersebut, saya mencoba mengulas cuka apel. Cuka apel ini sebenarnya proses pembuatannya sangat mirip dengan cuka kebanyakan. Namun bahan dasarnya dari buah sari buah apel. Fermentasi apel yang diperas tersebut menjadikan kadar alkohol. Tapi tidak hanya berhenti menjadi alkohol, melainkan ditambahkan ragi lagi untuk menjadikan alkohol tadi menjadi asam yang biasa kita sebut sebagai cuka.
Seperti kebanyakan produk herbal lainnya, cuka ini memiliki berbagai kegunaan untuk tubuh kita. Apa saja kegunaannya dan bagaimana cara pakainya? Yuk simak ulasan saya selanjutnya.

Toner

Sudah menjadi rahasia umum jika bedak kerap kali menjadikan masalah pada kulit. Apalagi jika kita malas membersihkannya, bisa-bisa kulit kita akan susah "bernafas" karena pori-pori kulit tertutup bedak. Maka dari itu sebelum istirahat malam butuh pembersih. Daripada membersihkan dengan alkohol lebih baik bersihkan dengan cuka apel saja.
Caranya campurkan satu sendok cuka apel dengan 3 sendok makan air. Lalu usapkan dengan kapas pembersih seperti memakai toner biasanya. Kelebihan memakai toner cuka apel ini dapat sekaligus memberikan perawatan kulit. Dengan menetralkan pH kulit maka jerawat, bintik hitam akibat radikal bebas juga akan ikut luntur. Perlu diketahui juga cuka apel ini aman untuk lelaki maupun perempuan.

Masker

Seperti yang saya tulis di atas cuka apel ini juga dapat menyeimbangkan pH kulit. Namun sebaiknya memberikan kulit anda dengan perawatan masker wajah. Bisa dengan dicampur air saja atau dicampur dengan bahan untuk masker lainnya seperti alpukat, kopi, atau bahan-bahan lainnya.
Selain dapat meresap dengan sempurna, cuka apel ini juga dapat mengeluarkan racun saat dijadikan masker. Sehingga kulit kasar pun dapat dihaluskan dengan perawatan rutin. Setidaknya diamkan beberapa menit dahulu agar semua nutrisi terserap dan racun keluar. Memang baunya sangat menyengat, tapi percayalah jika dilakukan rutin akan berdampak pada kulit wajah anda.

Mengurangi Ketombe

Mungkin jika satu ini lebih kepada perawatan kepala. Teknis kerjanya sama, dengan menetralkan pH dan memberikan sedikit nutrisi pada kepala maka kulit kepala akan lebih sehat. Sebenarnya ketombe disebabkan kulit kepala yang tidak sehat. Sehingga ada sel kulit mati yang menjadi ketombe.
Cara pemakaian cuka apel untuk ketombe cukup campurkan 7 sendok air dengan 5 sendok cuka apel. Campuran tersebut masukkan dalam botol spray bekas parfum lalu semprotkan merata di kepala saat setelah keramas. Diamkan 10 menit lalu bilas. Memang baunya sedikit menyengat, maka dari itu bilas hingga bersih.

Obat Gangguan Pencernaan

Selain untuk perawatan luar, cuka apel juga dapat digunakan untuk perawatan dalam. Nutrisi yang terkandung dalam cuka ini dapat membunuh bakteri penyebab diare. Sekaligus dapat membentuk bakteri baik untuk melancarkan pencernaan.
Cara penggunaannya campurkan satu sendok cuka apel dengan satu gelas besar (100ml) air hangat. Lebih banyak campuran air semakin bagus. Karena cuka apel ini bersifat asam yang dapat merusak email gigi dalam beberapa jam. Sebaiknya untuk mengantisipasi hal itu bisa gosok gigi setelah meminum cuka apel. Dan juga jangan langsung meminum cuka apel langsung tanpa campuran air.

Diet

Cuka apel memiliki sejumlah kandungan berharga. Salah satunya dapat meningkatkan sensitivitas insulin pada karbohidrat. Sehingga karbohidrat dalam tubuh tidak semuanya berubah menjadi kalori.
Dan juga cuka ini dengan kadar asamnya yang tinggi tersebut dapat mendorong sistem metabolisme tubuh. Sangat mirip seperti air perasan lemon. Sehingga lemak tubuh cepat terbakar. Sebelum melakukan diet cuka apel sebaiknya konsultasikan ke dokter. Karena diet ini juga dapat berbahaya bagi orang tertentu yang sedang mengkonsumsi obat diabetes. Karena adanya efek antipati terhadap obat sejenis insulin tersebut.
Cara penggunaannya campurkan satu sendok cuka apel dengan satu gelas air. Seperti yang saya sebutkan di atas, setelah minum larutan cuka ini sebaiknya menggosok gigi. Dan minumlah larutan ini setiap pagi sebelum makan.

Mengatasi Gangguan Kulit

Kerap kali kita saat tersengat ubur-ubur disarankan untuk membalurkan cuka ke kulit. Karena sifat asam ini dapat membunuh sengat yang aktif tapi tidak merusak kulit juga. Seperti cuka kebanyakan, cuka apel juga dapat digunakan untuk gangguan kulit seperti sengatan serangga atau kulit terbakar matahari. Jadi luka ringan seperti itu dapat disembuhkan dengan cuka apel.
Caranya campurkan cuka apel dengan air biasa dengan campuran 1:3. 1 cuka apel dicampur dengan 3 air. Lalu balurkan ke bagian kulit yang terbakar matahari. Jika terkena sengatan serangga atau hewan lain bisa mengoleskan cuka apel langsung di bagian yang terkena sengatan. Tanpa mencampurkan dengan air dahulu. Agar kadar asamnya lebih tinggi.

Bagaimana setelah melihat kegunaannya tergiur kan untuk mencoba? Harganya tidak terlalu mahal dengan berjuta manfaat. Sekali lagi sebaiknya konsultasi ke dokter dahulu sebelum mengkonsumsi cuka apel. Kecuali untuk toner wajah. Karena jika untuk toner ramuan cuka hanya lewat begitu saja. Kalau ada pertanyaan lebih lanjut dapat ditanyakan di kolom komen ya.

2 comments:

  1. Menarik sekali informasinya mengenai cuka apel, terutama meningkatkan sensitivitas insulin agar karbohidrat tidak seluruhnya menjadi kalori. Ini berarti karbohidrat yang tidak diubah menjadi kalori akan menjadi apa pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetap menjadi zat yg tidak dibutuhkan tubuh dan akhirnya terbuang menjadi feses. Terimakasih atas kunjungannya.

      Delete