Coro merupakan bahasa jawa dari kecoak, omong coro bermakna omongan ngelantur tapi dapat dinyatakan jujur. Maka ketenangan serupa apa lagi yang dicari di dunia yang fana ini selain kejujuran. Tulisan berikut merupakan contoh dari omong coro.

Search This Blog

Translate

About Me

My photo
Hi, saya pungkas nurrohman yang mencoba dewasa dengan jalan-jalan

Monday 15 October 2012

Eloknya Pantai Gua Cina

Hello traveler....... kali ini saya akan  menshare pengalaman saya mengunjungi destinasi wisata yang berada di ujung kabupaten malang yaitu pantai gua cina. Pantai yang satu ini merupakan pantai yang berada dalam gugusan pantai selatan yang elok menawan. Pantai gua cina ini berada di dekat pantai sendang biru, tepatnya berada di kelurahan sendang biru kecamatan sumbermanjing wetan kabupaten malang jawa timur.

Sebetulnya saya pada perjalanan kali ini bertindak sebagai guide dari kawan-kawan ikatan mahasiswa banjarmasin yang berdomisili di malang. Waktu pertama kali saya di ajak ke pantai mereka saya beri beberapa pilihan pantai yang berada di daerah sumbermanjing wetan tapi mereka memilih pantai gua cina, salah satu alasan yang mereka karna nama “gua cina” itu sendiri. Sebetulnya saya sampai sekarang belum mengetahui asal mula nama tersebut dan masih mencari belum menemukan sumber yang valid tentang nama tersebut. tapi menurut saya apalah arti sebuah nama yang penting capcus dulu.
            Perjalanan kami mulai jam 8 pagi dari kota malang. Kami berangkat menuju lokasi dengan menggunakan motor, sebenarnya lebih mudah di jangkau dengan menggunakan mobil karna perjalanan lumayan jauh dan akses jalan menuju lokasi yang tidak terlalu rusak seperti cerita perjalanan saya menuju sukamade. Di tengah perjalanan kami berhenti di pasar bululawang untuk mencari makan karna kami baru bangun langsung berangkat dan kami tidak sempat menyantap sarapan di rumah. Jika anda memakan di daerah kabupaten malang anda di sarankan untuk memakai bahasa jawa atau jika anda memakai bahasa indonesia maka anda akan bernasib seperti kami yang rata-rata bayar makan mahal untuk satu porsi makanan.
Setelah kami selesai melahap porsi sarapan kami yan harganya cukup mahal lalu kami melanjutkan perjalanan menyusuri hitamnya aspal jalan raya.
            Setelah berjalan cukup lama dengan melewati tanjakan kami berhenti di persimpangan jalan antara sendang biru dan jalur lintas selatan. Semua teman-teman dari banjarmasin bertanya “nih sebenarnya ke gunung atau kelaut sih kok jalannya naik terus” lalu saya menjuawab sambil tertawa “ biasa bos kita kan mau ke daerah pantai selatan”, memang jalur yang saya lalui ini aspalnya tidak terlalu rusak tapi jalur ini menanjak terus sampai-sampai seperti menaiki gunung. Untuk pembaca ketahui bahwaseluruh pantai yang ada di malng kebanyakan melalui jalur tanjakan terus karna pantai-pantai di daerah ini berada di balik kawasan gunung karst.
Oke kita balik ke jalur merah cerita kita, setelah kami beristirahat di persimpangan dan sedikit mengorek informasi dari GPS (Guide Penduduk Setempat) kami mendapatkan info bahwa gua cina sedah dekat melewati jalan halus yang mengarah ke jalur lintas selatan. Setelah saya melewati jalur lintas selatan kami pun memasuki jalan makadam (bebatuan*red) yang berbalut kuningnya batu karst. Setelah sekitar 2 Km kami melewati kawasan jalan makadam kami akhirnya sampai di loket pantai gua cina. Setelah kami memarkir motor kamipun langsung berlari ke pantai dan menikmati indahnya pantai tersebut. di sini anda akan di sajikan pemandangan alam yang mirip dengan pantai yang menjadi icon promosi wisata di raja ampat. Karna banyaknya pulau karang yang tersaji di sepanjang garis pantai.
Setelah kami menikmati pantai mulai ujung barat sampai ujung timur kami pun mencoba untuk masuk ke gua yang disebut “gua cina”, di gua ini sangat cocok sebagai angel foto karna letaknya gua ini berada lebih atas dan menghadap ke gugusan pulau karang yang sangat indah jika di pandang. Puas menikmati indahnya alam kini saatnya menikmati eloknya es nyiur dalam bahasa banjar yang berarti es kelapa. Kelapa di sini cukup murmer sangat wajib untuk di coba, dan juga jajanan gula kacang yang harganya juga terjangkau. Setelah perut kenyang dan mata sudah tercuci dengan sajian raja ampat versi jawa kamipun beranjak pulang.

Notes:
-          Jalur yang saya pakai mulai dari malang kota-gadang-bululawang-turen-sumbermanjing wetan-sendang biru
-          Jika anda berkunjung ke pantai ini anda dilarang untuk berenang
-          Anda di anjurkan untuk membeli bensin di daerah turen karna harga bensin di sini lebih mahal 1500 dari harga eceran di SPBU
-          Anda dapat bertanya ke penduduk setempat di daerah pasar sumbermanjing wetan tentang pantai wisata yang ada di area sendang biru
-          Jika anda tidak membawa kendaraan tapi cuma memakai kendaraan umum anda Cuma mendapat angkot sampai pasar sumber manjing wetan dan di daerah sini anda dapat memakai jasa penduduk setempat untuk mengantar ke lokasi pantai wisata.
-          Lokasi wisata di daerah sendang biru yang saya tahu: