Coro merupakan bahasa jawa dari kecoak, omong coro bermakna omongan ngelantur tapi dapat dinyatakan jujur. Maka ketenangan serupa apa lagi yang dicari di dunia yang fana ini selain kejujuran. Tulisan berikut merupakan contoh dari omong coro.

Translate

About Me

My photo
Hi, saya pungkas nurrohman yang mencoba dewasa dengan jalan-jalan

Tuesday, 30 October 2012

Peran fungsi media sosial bagi Usaha Kecil Menengah



Hello brader n sister kali ini saya membuat tulisan yang sedikit aneh dengan tulisan saya yang terdahulu. Maklumlah tulisan ini saya buat untuk saya ikutkan lomba blog yang di adakan Prasetiya Mulya Business School. Langsung aja saya di sini akan membahas beberapa nilai plus yang dapat kita ambil dari media sosial:

a. Sebagai Sarana Promosi
Promosi tidak lagi membutuhkan biaya yang tinggi untuk menghasilkan hasil yang optimal. sebetulnya mengenalkan produk kita sangatlah penting, namun karna beriklan di media lain biayanya cukup mahal dan mustahil jika usaha kecil dapat memasarkan produknya di sini maka Media sosial adalah salah satu solusinya.  Pemasaran intinya adalah membangun hubungan antara perusahaan dengan konsumen. Sebuah hubungan baik akan tercipta melalui komunikasi. Perangkat-perangkat blog seperti Twitter, media sosial seperti Facebook, distribusi video lewat Youtube, berbagi foto lewat Flickr, dapat kita manfaatkan untuk berkomunikasi dan menyebar informasi dengan konsumen dan calon konsumen mereka. Konten yang dimuat di situs media sosial kini tidak lagi kaku dan resmi. Bentuknya tidak lagi tulisan semata tapi juga audio, gambar dan video. Secara alami jalur komunikasi seperti ini dapat membangun kepercayaan, menimbulkan simpati dan menjadi ajang saling mengenal antara perusahaan dan konsumen.

b. Sebagai Media
Komunikasi
Dengan media sosial seperti Facebook dan Twitter kini konsumen dapat menyuarakan ketidak puasannya, mengusulkan ide, memberikan komentar  atau pendapatnya dengan bebas. Konsumen yang menyukai produk tertentu secara alami terkelompok menjadi satu komunitas yang kuat. Kolaborasi konsumen inilah yang menentukan tren, membentuk pola pembelian, atau sebaliknya mematahkan produk di pasar jika mereka tidak puas. Perusahaan mau tidak mau harus mendengarkan apa kata konsumen. Jika sebelumnya Konsumen sulit untuk berinteraksi langsung dengan perusahaan maka dengan media sosial mereka dapat berinteraksi dengan mudah dan langsung dapat anda beri respon dengan cepat.

c. Sebagai Media Hiburan
Media sosial lebih menarik dan disukai masyarakat karena sifatnya yang menghibur. Orang lebih suka membaca status di Facebook daripada membaca iklan. Berdasarkan data Inside Facebook, per 1 Januari 2010 ada sebesar 15.301.280 pengguna Facebook di Indonesia. Persentase kenaikan jumlah pengguna Facebook di Indonesia mencapai dua kali lipat Amerika Serikat. Dan bagi pemilik UKM, di media sosial lah sebagian besar sasaran pasar mereka. Dalam memanfaatkan media sosial, yang harus diperhatikan adalah bagaimana Anda menyajikan informasi yang dianggap menarik dan bermanfaat bagi konsumen. Media sosial bukan sarana menjual tapi sarana  berbagi informasi. Jika perusahaan Anda memiliki citra yang positif dalam hal penyebaran informasi maka dengan sendirinya masyarakat akan melirik produk Anda.

d. Riset Pasar
Pengguna media sosial mengekspresikan pendapat mereka tentang apapun melalui situs media sosial, ini memberikan umpan balik kepada anda dengan sangat cepat. Anda bisa menggunakan aspek ini untuk riset pasar yang efektif. Dengan data yang langsung berasal dari konsumen, seharusnya memberikan kemudahan kepada anda untuk memperbaiki bisnis anda dengan cara terbaik untuk melayani permintaan konsumen.

e. Melihat pesaing pasar 
Sangat penting sekali mengetahui kinerja pesaing anda di pasar sehingga anda bisa memberikan yang lebih baik. Situs media sosial memungkinkan anda untuk memantau pesaing usaha anda, kampanye mereka, bagaimana mereka melayani pelanggannya, setiap transaksi dan penawaran yang mereka sediakan dan lain-lain.

Dari uraian di atas dapat kita tarik kesimpulan bahwa media sosial dapat memperkecil biaya dan menambah keuntungan bagi usaha kecil kita.

0 comments:

Post a Comment