Coro merupakan bahasa jawa dari kecoak, omong coro bermakna omongan ngelantur tapi dapat dinyatakan jujur. Maka ketenangan serupa apa lagi yang dicari di dunia yang fana ini selain kejujuran. Tulisan berikut merupakan contoh dari omong coro.

Translate

About Me

My photo
Hi, saya pungkas nurrohman yang mencoba dewasa dengan jalan-jalan

Friday, 12 June 2015

Kebiasaan Belajar


Belajar adalah kata yang paling menggebu-gebu ketika dicapkan namun sulit untuk dilakukan. banyak orang yang over untuk mengucapkan ataupun menyuruh belajar namun setelah menjalani malah berkebalikan. baru menemui 8-15 rintangan mereka mengeluh (termasuk saya). waktu saya di pondok dulu pernah diajarkan suatu kitab, saya biasa menyebutnya dengan "ALALA", disitu disebutkan ilmu dapat dihasilkan dari 6 perkara. yaitu sabar, ada guru, ada modal/ materi, lama waktunya dan lain-lain, (saya sudah lupa maklum itu pelajaran ngaji 10 tahun silam). mungkin dimasa sekarang ini ada satu yang harus ditambahkan yaitu tahan ejekan. karan hakikat pembelajaran atau terciptanya sebuah ilmu baru muncul dari sebuah kesalahan. mungkin clash-nya baru muncul dari kesalahan tersebut. mulai dari ejekan, bentakan dan kerugian.
Dalam sebuah foto yang biasa teman-teman saya pasang di akun BBM. ada sebuah ucapan dari Dahlan Iskan yang kurang lebih berbunyi "Setiap manusia pasti mempunyai jatah gagal, selagi masih muda habiskan jatah tersebut". dalam artian lain jika kita gagal maka muncul sebuah pembelajaran yang Iendingnya kita akan menjadi tahu penyebab kegagalan tersebut dan menjadi pintar. seperti dalam standup comedy-nya Pandji yang berjudul mesakke bangsaku. disana dia mengatakan pemebelajaran itu not only in class. dia memberikan contoh pembelajaran yang biasa kita lihat ketika anak-anak bermain melempar batu kesebuah kaca dan awalnya tidak lari namun berakhir dengan pukulan dari pemilik kaca tersebut. untuk yang kedua kalinya dia melemparkan batu ke kaca dan lari, untuk menghindari kesialan berupa pemukulan dari sang pemilik.
mungkin dari cerita saya yang terakhir akan tergambar kenapa ilmu bisa muncul ketika terjadi kesalahan.mungkin ilmu/sebuah pembelajaran tersebut adalah makna sebenarnya dari kalimat hikmah dalam sebuah kalimat "ambil hikmah dari setiap bencana" maka dari itu jangan takut salah ketika kita tidak tahu. dan untuk meminimalisir kesalahan tersebut sebaiknya ambil hikmah atau ilmu dari setiap bencana. Ingat ini bukan motivasi namun gambaran dari kegundahan hati.

0 comments:

Post a Comment