Coro merupakan bahasa jawa dari kecoak, omong coro bermakna omongan ngelantur tapi dapat dinyatakan jujur. Maka ketenangan serupa apa lagi yang dicari di dunia yang fana ini selain kejujuran. Tulisan berikut merupakan contoh dari omong coro.

Search This Blog

Translate

About Me

My photo
Hi, saya pungkas nurrohman yang mencoba dewasa dengan jalan-jalan

Tuesday, 18 February 2020

Respatinya Wikipedia


Hasil gambar untuk respati wikipedia
Proyek Respati (Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Wikipedia:Proyek_Respati)



Udah mulai jarang nge-blog karena ada lomba yang lumayan estafet dan menguras tenaga. Sebetulnya bukan lomba juga sih, tapi menjadi kontributor Wikipedia. Bukan kontributor juga sih, tapi ikut urun rembug dalam pembuatan ensiklopedi dalam Wikipedia. Nama proyeknya cukup mengindonesia, yaitu Respati. Saya kali ini ingin menunjukkan betapa terlihat mudahnya proyek yang berhadiah tas bertulis Respati dan juga sertifikat dari Wikilatih.
Dalam sebuah proyek respatih ini kita di wajibkan untuk menyelesaikan target menulis 20 tulisan baru, 1 tulisan ulasan atau komen tulisan ungulan, 3 foto yang diunggah ke Wikicommons, dan satu tulisan untuk menambahkan konten yang rumpang di artikel kelas C. berhubung saya orang baru maka saya kurang mengetahui istilah asing seperti “artikel kelas C” ataupun “tulisan unggulan”. Mungkin para pembaca bisa googling saja ya.
Jika para peserta yang sebelumnya mendaftarkan diri ini sukses menyelesaikan proyek, akan mendapat tas dan sertifikat. Khusus untuk 6 orang yang dapat menyelesaikan secara cepat berhak mendapatkan tumblr bertuliskan Wikipedia. Awalnya saya piker hal ini lumayan mudah, karena hanya menulis 20 tulisan berisi 1500 karakter (kurang lebihh 300 kata). Akan menjadi sangat keren ketika saya berangkat pergi ke kantor dengan tas ransel hitam bertulisakan Wikipedia.
Setelah mempertimbangkan hal itu saya tanpa pikir panjang mendaftar. Yang saya lupakan adalah konten dari 20 tulisan tersebut, untuk ensiklopedia selengkap Wikipedia, memikirkan 20 tulisan yang pantas untuk ditulis adalah hal yang tidak mudah. Bukan terlalu mudah, pun juga tidak begitu susah. Alhasil saya mencari semua yang ada di sekeliling saya untuk ditulis. Mungkin banyak hal tentang manokwari yang patut dan layak untuk ditulis.
Maka saya berinisiatif untuk menulis kalimat Manokwari di kolom pencarian di layar Wikipedia Sempat menemui beberapa hal yang bisa ditulis. Kurang lebih 6 hal dapat diulas tentang Manokwari. Mulai pasar, hingga pelabuhannya sukses saya ulas. Perlahan asal konsisten. Tapi lama kelamaan satu persatu judul sudah terbuat dan menjadi ulasan, dari sana saya baru sadar bahwa menulis di Wikipedia tidak semudah menulis di blog yang berskenario naratif. Bagi saya yang terbiasa menuangkan opini tentang sebuah tempat, sangat susah merangkai kata untuk menjadi sebuah tulisan deskriptif ala Wikipedia.
Ditengah gemelut tersebut saya menemukan tanggal yang tiba-tiba sudah mendekati tanggal 20. Semakin down lah mental yang saya temui, karena deadline proyek ini adalah akhir bulan desember. Berarti hanya kurang dari 15 hari saja saya harus menyelesaikan proyek Respati ini. Sehari harus gas dua artikel dengan karakter berjumlah 1500 tanpa basa-basi. Kebanyakan artikel saya untuk memenuhi target minimal adalah basa-basa memutar cerita kesana kemari. Namun tidak dengan Wikipedia, ya semoga saja tembus target.
Berproses memang tidak mudah, harus ada yang dikorbankan baik waktu dan konten blog. Tapi semoga saja prosesnya membuahkan hasil yang maksimal. Karena memang ada target sehari menulis sekali. Dengan konten yang ada di proyek Respati mungkin bisa sehari bergelut dengan dua konten sekaligus. Tapi memang butuh referensi yang tidak main-main. Sekali lagi karena Wikipedia merupakan referensi sejuta umat. Tidak hanya kaum terdidik tapi juga ada berbagai umat yang berusaha mencari pengetahuan di sana.

0 comments:

Post a comment