Coro merupakan bahasa jawa dari kecoak, omong coro bermakna omongan ngelantur tapi dapat dinyatakan jujur. Maka ketenangan serupa apa lagi yang dicari di dunia yang fana ini selain kejujuran. Tulisan berikut merupakan contoh dari omong coro.

Search This Blog

Translate

About Me

My photo
Hi, saya pungkas nurrohman yang mencoba dewasa dengan jalan-jalan

Sunday 12 April 2020

Hal yang Mulai Diperhatikan Saat WFH


Hal Yang Mulai Diperhatikan saat wfh
Gegoleran adalah pekerjaan mayoritas saat tetap di rumah
Di masa kerja di rumah dengan serangkaian prosedur social distancingnya ini, kita mulai berkawan dengan hal remeh yang ada di sekitar kita. Mulai dari piranti tidur, segala macam hal yang ada di dalam kamar, dan juga berbagai hal yang sangat jarang kita perhatikan di rumah. Mungkin selama ini kita sudah sibuk dan lupa untuk memperhatikan barang-barang di sekitar kita. Mungkin saat ini sudah genap 28 hari kita bekerja, kuliah, belajar melalui rumah. Kita mulai memperhatikan berbagai barang yang dahulu sempat kita acuhkan namun kini mulai kita tekuni. Sekedar berbagi, saya mencoba untuk memberitahukan berbagai hal yang dulu saya acuhkan namun kini mulai saya perhatikan.

Kesehatan

Entah mengapa saya sudah 6 hari di Manokwari ini mulai kambuh kebiasaan bangun siang saat kuliah dahulu. Kalau bangun kesiangan biasanya malamnya begadang. Entah itu sembayang malam, nonton film, youtube hingga hanya merokok dan gak ngapa-ngapain.
Efek dari bangun kesiangan yang menjelang sore ini biasanya kepala langsung sakit saat bangun. Seperti peredaran darah menuju kepala kurang lancar. Mungkin karena ketagihan kopi.
Tapi hal ini dulu memang ada, tapi saya cenderung acuh dan tidak mempermasalahkannya. Saat sakit kepala saya pasti minum kopi sejenak dan sudah dapat melanjutkan aktifitas seperti biasa. Lain halnya dengan sekarang, saya saat sakit kepala pasti bingung mau beraktifitas apa? Kan tidak bisa ke kampus untuk bekerja. Pilihan terakhir adalah berolahraga. Mulai olahraga ringan hingga olahraga lari keliling komplek perumahan. Karena jika tidak begitu pasti sakit kepalanya susah untuk hilang.

Kebersihan Rumah

Nah ini pasti bapak-bapak atau ibu-ibu yang mulai berumah tangga ataupun sudah lama berumah tangga pasti akan merasakannya. Kalimat, "ini kok kotor gini ya?". Pasti dapat muncul setidaknya seminggu dua kali. Dan ini berujung untuk mengambil perangkat pembersih seperti sapu, lap, dan piranti pembersih lainnya. Kemudian mengajak anak atau partner untuk mulai kerja bakti bersih-bersih rumah.
Nah lain halnya untuk para single yang hidup sendiri, di kos-kosan atau kontrakan pasti akan tetap agak kotor namun masih ada sedikit perhatian lebih untuk kebersihan. Biasanya baru bersih-bersih sebulan sekali, pasti akan meningkat sebulan dua hingga tiga kali. Karena pasti akan worry jika hidup terkurung di tempat kotor. Sekali lagi ini untuk anda yang sudah memiliki tanggung jawab hidup sendiri ya.

Berita

Siapa yang di hari kerja sangat enggan untuk membaca berita? Ya sama saya juga termasuk orang yang enggan membuka situs berita. Kecuali jika ada link yang dishare di sosial media. Itupun jika tautan yang dishare menarik dengan minat atau isu yang berhubungan dengan kehidupan saya. Kalau sama sekali tidak bersinggungan dengan kehidupan saya, pasti akan skip dahulu. Karena memang masih banyak hal lain yang harus diprioritaskan, salah satunya mengerjakan urusan pekerjaan.
Tapi akhir-akhir ini saya mulai memperlakukan situs berita sebagai koran digital. Apapun yang diberitakan dan menjadi hot topic di sana saya perhatikan. Mungkin karena memang keadaan bingung mau ngapain, jadinya semua situs berita pun tetap dihajar habis. Mungkin para pembaca juga merasakannya, karena memang intensitas kita memegang ponsel akhir-akhir ini sangat tinggi. Apapun yang ada dalam notifikasi pasti akan disikat.

Marketplace

Khususnya pengguna internet di Jakarta, pasti akan sering membuka marketplace dan berbelanja di sana. Alasan simpelnya kembali ke poin atas, yaitu karena sering membuka gawai. Sehingga berbagai hal meskipun kurang berguna tetap kita akan tergoda. Apalagi jika promosi produknya intens. Pasti psikologi kita akan tergiring untuk tertarik dengan produknya. Jaman sekarang memang suka begitu, sekalinya pembuat materi promosinya jago, pasti banyak pelanggan yang tergiring.
Di sisi lain juga ada orang yang membuka marketplace bukan untuk membeli, tapi untuk menjual. Beberapa teman karyawan yang dirumahkan memilih untuk jual beli online untuk memenuhi hari-hari mereka. Selain itu juga untuk menambah penghasilan mereka saat dirumahkan. Banyak mereka yang mulai berhasil berjualan produk, mungkin karena melihat peluang yang saya sebutkan di atas ya. Jadi ketika peluang tersebut dipergunakan semaksimal mungkin, berujung adanya penghasilan yang juga maksimal.

Dari keempat hal tersebut, saya paling sering memperhatikan kesehatan dan kebersihan saja. Karena memang sangat berdampak bagi saya, jika berusaha untuk cuek pun sama sekali tidak ada yang mengalihkan perhatian. Kalau kamu gimana? Apa hal yang selama kerja di rumah ini menjadi perhatian?

2 comments:

  1. Saya jadi makin sering megang sapu n pel. Gak tahan liat lantai kotor dan barang2 yang berantakan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama pak, biasanya cuek tapi waktu di rumah ini pagi sore pasti nyapu.

      Delete