Coro merupakan bahasa jawa dari kecoak, omong coro bermakna omongan ngelantur tapi dapat dinyatakan jujur. Maka ketenangan serupa apa lagi yang dicari di dunia yang fana ini selain kejujuran. Tulisan berikut merupakan contoh dari omong coro.

Search This Blog

Translate

About Me

My photo
Hi, saya pungkas nurrohman yang mencoba dewasa dengan jalan-jalan

Saturday 8 January 2022

Bolos Ngeblog




Sudah sekitar dua mingguan ini saya bolos untuk menulis blog, tak terasa tagihan domain tahunan sudah muncul lagi. Ngeblog seminggu sekali sebagai resolusi tahun 2021 kemarin sudah tercapai. Maka dari itu saya sementara libur ngeblog dulu, agar seperti resolusi orang lainnya. Masak resolusi nggak ada yang bolong wah ya mustahil. Saya nggak sesuper pak Dahlan Iskan yang bisa tercapai nulis di Disway hingga diswaynya sendiri punya koran.

Kegiatan Akhir Tahun

Akhir tahun kemarin saya habiskan dengan menatap langit sembari barbequean bersama tetangga dan istri tercinta. Kebetulan kemarin itu tetangga samping rumah persis sudah mempersiapkan bakar-bakar. Jadi saya dan istri tinggal nimbrung saja dan bermodalkan sosis sebagai bentuk partisipasi. Tanpa adanya partisipan acara ini sama sekali tidak ramai.

Istri meskipun dalam keadaan hamil tetap saya perbolehkan merasakan gurihnya bakaran. Dari bakaran sosis, pentol hingga daging yang diiris tipis-tipis seperti layaknya daging di resto yang bakar sendiri. Saya pikir memang sesekali tidak mengapa, toh orang tua dulu juga tidak ada pantangan untuk makan bakar-bakaran tapi kondisi bayi juga baik-baik saja. Jabang bayi juga yang biasanya bikin perut kaku pada malam itu terlihat tenang-tenang saja. Rewelnya dia saat ada kembang api meletus. Perut langsung kencang dan mulai menendang-nendang. Mungkin ia kaget dengan letupan kembang api.

Saya sendiri pas tahun baru kemarin juga sedang asyik mengerjakan kompetisi urun daya dalam wikidata. Seperti biasanya proyek wiki ini saya kerjakan dengan sangat serius. Gelaran kompetisi ini dimulai tgl 30 Desember 2021 hingga tanggal 3 Januari 2022. Hasil akhirnya sampai saat ini masih belum muncul, tapi hasil tidak resminya setelah saya telusuri melalui alat outreach dapat dikatakan saya menang. Tinggal menunggu hasil resmi dari panitia saja. Pun kemenangan bukan tujuan utama saya. Tujuan utamanya hanya ingin memasukkan data sekolah dasar se-provinsi Papua Barat dalam wikidata. Selama 5 hari kemarin sudah ada 5 kabupaten yang terinput di sana.

Keanggotaan Wiki

Berbicara tentang proyek wiki, kemarin saya juga mendapat ajakan untuk memperpanjang keanggotaan di wikimedia. Jadi setiap tahunnya kita diajak untuk bergabung menjadi anggota di wikimedia.  Jika masih belum menjadi anggota kita akan diajak bergabung, dan setelah menjadi anggota kita akan diajak memperpanjang masa keanggotaan. Nantinya jika kita memperpanjang masa keanggotaan pasti mendapat souvenir. Selain itu kita lebih cepat mendapat informasi, jika ada pelatihan atau kompetisi.

Setelah ini tadi saya mencoba intip grup keanggotaan wiki, ada 94 peserta yang tergabung dalam grup WA. Ini berarti tahun kemarin sudah ada 94 anggota yang bergabung. Dalam grup isinya orang hebat semua, beberapa orang lawas wiki juga tergabung dalam grup tersebut. Kemarin saya menemui seorang biksu yang juga anggota lawas dalam wiki. Intinya tidak ada salahnya untuk membayar dan tergabung menjadi anggota wiki.

Kondisi Kantor

Ini adalah tahun pertama saya tidak pulang ke Jawa saat tahun baru. Sejak 2019 saya pasti memilih untuk pulang saat libur natal dan tahun baru. Karena di Papua ada libur fakultatif saat perayaan natal dan tahun baru. Liburnya hampir seperti libur Idul Fitri. Kantor bisa tutup selama dua minggu.

Karena penghuni Manokwari mayoritas adalah pendatang. Jadi libur sepanjang ini dimanfaatkan untuk mudik. Entah mudik ke luar Papua atau mudik ke daerah Papua. Ini menjadikan kantor sepi, banyak pekerjaan yang tidak dapat dikerjakan saat kantor sepi. Kita datang pun juga hanya memakai kaos dan celana rumah yang tidak sopan itu. Lha wong kondisi kantor sepi.


Itulah berbagai keluh kesah dan cerita saya selama tahun baru, sebenarnya saya ingin libur ngeblog lebih panjang. Tapi ya namanya domain ini kan kita bayar, mau libur panjang-panjang kok saya merasakan kerugian. Setahun memang tarif perpanjang domain kemarin kurang dari dua ratus ribu. Tapi sepertinya sangat mubazir jika saya hanya membayar tapi tidak mengisi konten di blog ini. Ya sudahlah di awal tahun ini saya ingin mengucapkan terimakasih bagi para pembaca yang masih membaca blog ini. Jangan lupa klik iklannya ya. 

0 comments:

Post a Comment