Coro merupakan bahasa jawa dari kecoak, omong coro bermakna omongan ngelantur tapi dapat dinyatakan jujur. Maka ketenangan serupa apa lagi yang dicari di dunia yang fana ini selain kejujuran. Tulisan berikut merupakan contoh dari omong coro.

Pencarian

Adsense camp

Translate

About Me

My photo
Hi, saya pungkas nurrohman yang mencoba dewasa dengan jalan-jalan

Saturday, 27 September 2014

Jonggring Saloko Pantai Indah yang Tersembunyi



Jonggring saloko adalah nama suatu pantai yang terletak di kabupaten malang tepatnya di desa mentaraman kecamatan donomulyo. Pantai ini termasuk dalam deretan pantai tersembunyi yang dimiliki kabupaten malang.  Entah kenapa si penemu  pantai tersebut menamakannya persis dengan nama kahyangan dalam kisah pewayangan jawa. Mungkin keelokan garis pantai atau suasana tenang yang dimiliki pantai tersebut.

Pantai ini memang terletak jauh dengan desa terakhir yaitu desa mentaraman namun pantai ini merupakan pantai terdekat dari kecamatan donomulyo. Meskipun cenderung dekat dengan pusat keramaian tapi suasana tenang yang sudah aku tulis bukan hal yang mustahil. Karna jika anda ingin menikmati keindahan pantai ini harus melewati hutan produksi milik perhutani dan jalan terjalan non aspal layaknya anda memasuki pedalaman di indonesia. Untuk menikmati keindahannya anda tidak perlu membayar karcis masuk seperti di pantai ngliyep ataupun pantai lain yang sering di kunjungi wisatawan. Namun di pantai ini ada sekitar 4 rumah yang dimiliki penduduk setempat dan di pantai jonggring tidak direkomendasikan untuk berenang.

Di sekitar pantai ini anda juga dapat mengunjungi gua yang memiliki keindahan stalagmite dan stalagtit yang sangat menakjubkan. Gua ini tidak terlalu jauh dari pantai, hanya trek yang sangat sempit menuju gua sangat tidak memungkinkan dilalui dengan menggunakan kendaraan. Jadi opsi trakhir jika anda mengunjungi gua adalah dengan berjalan kaki. Di sepanjang jalan menuju gua anda dapat bertemu warga yang memiliki ternak dan bertanya letak gua tersebut. Jadi kemungkinan untuk tersesat sangat sedikit. Atau anda dapat menyewa orang yang anda temui untuk menjadi guide atau porter untuk meringankan beban anda sekaligus memperkecil kemungkinan anda untuk tersesat.

Selain gua anda juga dapat menyusuri pantai kearah timur yang memiliki keindahan mirip dengan pantai tanjung papuma yang dimiliki jember. Pantai ini memiliki garis pantai yang berpasir dan juga jajaran karang yang tertata rapi. Lain dengan pantai jonggring pantai ini tidak berpenghuni, jadi jika anda berkunjung ke pantai jonggring wajib untuk mengunjungi pantai tersebut. Bahkan menurutku pantai yang satu ini sangat di rekomendasikan untuk tempat bermalam dengan tenda ataupun sekedar bersantai. Sama dengan jalan menuju gua pantai ini juga tidak dapat di tempuh dengan kendaraan bermotor. Karena jika anda menuju pantai ini harus menaiki dan menuruni karang besar yang menjadi pembatas antara pantai tersebut dengan pantai jonggring saloko.

Jika anda ingin mengunjungi beberapa deretan pantai tersebut anda dapat menggunakan angkutan umum dari kecamatan kepanjen menuju donomulyo. Dari pasar donomulyo pembaca dapat menyewa ojek menuju pantai jonggring saloko. Sangat disayangkan jika anda berkunjung ke pantai tersebut hanya 2 hari. Anda harus menyisihakan waktu minimal 3 hari untuk berkunjung dan mencoba untuk menikmati keindahan beberapa pantai yang terletak bersebelahan dengan pantai jonggring. Sekian tulisan saya tentang pantai jonggring. Enjoy your trip in south malang.

0 comments:

Post a Comment