Coro merupakan bahasa jawa dari kecoak, omong coro bermakna omongan ngelantur tapi dapat dinyatakan jujur. Maka ketenangan serupa apa lagi yang dicari di dunia yang fana ini selain kejujuran. Tulisan berikut merupakan contoh dari omong coro.

Pencarian

Translate

About Me

My photo
Hi, saya pungkas nurrohman yang mencoba dewasa dengan jalan-jalan

Monday, 14 November 2016

Tips dan Trik Murah Jalan-Jalan Ke Malaysia dan Singapura




Hai reader, setelah beberapa hari saya traveling Malaysia-Singapura kali ini saya mau sharing ini, tips dan trik buat traveler yang kantong cekak tapi ingin ke luar negri. Sekedar share aja kemaren saya selama 8 hari di Malaysia dan sehari di Singapura cuma habis 3,5 juta aja udah termasuk tiket PP. Kalo menurut saya sih udah cukup murah banget dengan beberapa destinasi yang bisa di lihat di FR Solo Traveling. Oke berikut beberapa tips dan trik biar bisa liburan murah:

1.       Persiapkan Tujuan Jalan-Jalan Anda

Tujuan perjalanan merupakan hal yang sangat penting dalam menghemat biaya dan memperkirakan biaya yang akan keluar. Karna dari tujuan perjalanan ini dapat kita lihat beberapa akomodasi yang sangat murah. Gak hanya akomodasi dengan tujuan perjalanan yang sudah terencana bisa menghemat juga anggaran akomodasi yang direncanakan. Seperti halnya kata pantun sekali dayung kalau bisa 2-3 pulau terlampaui.

2.       Cari Transportasi Termurah

Go KL Bus
Setiap negara maju pasti mempunyai transportasi murah yang gak separah negeri ini dalam waktu tempuhnya. Bisa saya ambil contoh di Malaysia kemaren ada bus GO KL yang tarifnya itu free alias gratis. Untuk mendapat fasilitas gratis tersebut anda tidak perlu daftar ini itu, namun anda cukup siapkan destinasi yang sudah anda persiapkan di awal untuk memudahkan pencarian rute perjalanan dari transportasi tersebut.

3.       Jangan Menginap di Hotel

hostel mewah pinggir sungai melaka
Nih larangan yang paling umum bagi traveler berkantong cekak. Karna ekspektasi hotel di luar negri sangat berbeda dengan di Indonesia. Di Indonesia hotel gak harus mewah tapi klo di negri orang, hotel pasti mewah kamar mandi dalam dan seabrek fasilitas lainnya yang kebanyakan tidak anda pergunakan. Untuk menyiasati hal itu anda bisa searching di web booking online penginapan termurah di sekitar destinasi anda. Kebanyakan penginapan murah tersebut berkelompok seperti halnya di Jl. Poppies Bali, Jl. Bukit Bintang Malaysia dan lain sebagainya. Oh iya sedikit bocoran lagi jika anda menginap di hostel/ dormitory anda biasanya harus berbagi kamar dengan penghuni lain. Jadi yang Anda booking itu hanya kasurnya tapi it’s okey lah. Karna kebanyakan yang mau menginap di penginapan seperti ini biasanya para bule yang berasal dari Eropa.

4.       Siapkan Botol Minuman dari Rumah

mesin pengisi air minum
Nah ini nih pengalaman yang baru banget buat saya. Ya itu siapin botol dan lunch box untuk menjelajah setiap destinasi wisata. Sedikit cerita pas kemaren saya ke Malaysia nemuin mesin air yang kita belinya literan. Jadi perliter kita cuma harus bayar 20 sen, padahal harga air kemasan perbotol itu RM 2 itupun cuma dapet 700 ml. Jadi alangkah baiknya kalo kita bawa tuh botol pas jalan-jalan. Kalo nemuin mesin air yang berbayar ataupun gratis kita bisa ambil buat cadangan.

5.       Jangan Beli Cemilan di Pesawat

Yang terakhir ini paling lumrah bagi orang udik yang masih awal naik pesawat kayak saya. Sudah rahasia umum jika kita beli makanan di pesawat maka harganya akan 2 bahkan 3 kali lipat lebih mahal dari pada di bawah. Untuk mennyiasati penerbangan yang lebih dari satu jam kayak kemarin saya memilih membeli snack dari bawah atau jika anda membawa lunch box bisa membawa makanan dari bawah yang nantinya bakal anda jadikan kudapan sewaktu para penumpang lain membeli makanan di pesawat. Mungkin anda akan bertanya-tanya apakah boleh kayak gitu? Saya kemarin sudah menanyakan hal ini ke mbak pramugari sembari meminta tissue kata mbak pramugarinya “ gak papa pak asal setelah makan bersih dan tidak mengotori pesawat”. Kesimpulannya kita kalau mau bawa makanan usahakan yang tidak berkuah.

2 comments:

  1. Jadilah penulis yang baik
    Gunakan huruf kapital sebagaimana mestinya
    Perhatikan konjungsi dan preposisi, kapan harus dipisah dan disambung
    Menulis blog bukan berarti bisa melanggar ketentuan berbahasa yang benar pung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke mas, thx atas kunjungannya dan koreksinya.

      Delete