Coro merupakan bahasa jawa dari kecoak, omong coro bermakna omongan ngelantur tapi dapat dinyatakan jujur. Maka ketenangan serupa apa lagi yang dicari di dunia yang fana ini selain kejujuran. Tulisan berikut merupakan contoh dari omong coro.

Search This Blog

Translate

About Me

My photo
Hi, saya pungkas nurrohman yang mencoba dewasa dengan jalan-jalan

Sunday, 15 September 2019

Cara Ampuh Menjaring Pembeli di Facebook Marketplace


Facebook Marketplace
Facebook Marketplace
Setelah saya melihat Google Question Hub, ternyata masih banyak orang yang tidak bisa memahami algoritma Facebook Marketplace. Jujur saja saya awalnya juga tidak memahami bagaimana cara menyaring banyak pembeli dari platform jual beli besutan Facebook ini. Namun lama kelamaan mulai terbaca alur algoritma Facebook Marketplace.
Maka dari itu kali ini saya ingin menyalurkan cara untuk menjadi seller jagoan melalui Facebook Marketplace.

Posting dengan Benar

Tidak jarang saya menemui postingan dengan kalimat yang tidak wajar atau membuat bingung. Bagaimana akan laku jika penawaran kita saja sudah membuat calon pembeli bingung. Bukannya laris malah akan diacuhkan orang.
Maka dari itu posting hal yang tidak membuat bingung calon pembeli. Terlebih pada harga dan judul. Usahakan postingan ini membuat orang tertarik dan calon pembeli mengirimkan pertanyaan melalui DM.

Buat Calon Pembeli Bertanya

Kalau saya pada awalnya memang merusak harga. Karena memang harga beli saya sangat jauh lebih murah dari harga pasaran. Sehingga dari harga yang menarik tersebut bisa menjadi daya magnet untuk pembeli. Meskipun hanya bertanya saja tanpa membeli, penjual akan mendapat keuntungan.
Kok bisa? Iya bisa. Karena semakin sering ada orang bertanya, postingan anda akan semakin sering tayang. Penjual lain pasti kalah dengan anda yang dagangannya sering dilihat orang lain. Bahkan saya sampai download Facebook Messenger. Karena saya mengusahakan interaksi tidak melalui media selain Facebook Messenger.

Selalu Fast Response

Ini juga menjadi pertimbangan penting bagi Facebook. Karena waktu rata-rata membalas anda akan dihitung oleh Facebook. Semakin cepat anda membalas maka semakin unggul postingan anda. Biasanya setiap satu bulan sekali -kalau memang anda sangat aktif- Facebook akan mengirimkan rata-rata waktu balasan anda.
Kunci pokoknya jangan sampai ada pesan yang tidak anda balas. Lebih baik pesan anda yang tak terbalas daripada anda tidak membalas pesan. Karena jika lebih dari satu jam anda tidak membalas pesan siap-siap saja postingan anda akan tertutup oleh postingan orang lain.

Buat Postingan Banyak

Jika postingan awal anda sudah kalah alias tertimbun oleh postingan orang lain, maka solusi paling tepat adalah membuat postingan lagi. Nantinya postingan ini bisa anda manfaatkan untuk menjaring calon customer yang tidak sempat melihat postingan awal.
Trik mudah untuk membuat postingan baru yaitu siapkan foto yang berbeda. Saya biasanya hanya memposting satu foto di setiap postingan. Satu foto ini untuk berjaga-jaga jika postingan awal saya sudah kalah masih ada stok foto berikutnya. Karena tidak akan bisa terposting jika memposting dengan kalimat yang sama, judul yang sama serta foto yang sama. Facebook akan mendeteksi postingan SPAM.
Jika postingan awal anda sama sekali tidak ada yang bertanya, sebaiknya hapus postingan dahulu. Seminggu kemudian posting lagi.

Inti dari algoritma Facebook Marketplace adalah semakin anda sering berinteraksi melalui DM Facebook maka semakin naik postingan anda. Cara menyiasatinya adalah setiap 3 hari sekali anda harus follow-up calon pembeli yang hanya bertanya-tanya saja. Meskipun pertanyaan anda diacuhkan pasti akan berefek pada postingan anda.
Sekian tips dan trik berjualan di Facebook Marketplace. Semoga membantu. Jika ada pertanyaan terkait jualan di Facebook bisa tanya di kolom komentar. Nanti pasti akan saya buatkan artikel untuk membalasnya.

2 comments:

  1. Kalau bole request, buat postingan gimana caranya biar enggak di "Afganin" mas kalo pas nawar. Sering banget jual di marketplace lgsg sadis nawarnya.. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduuuuhhh klo lawan netijen yang hobi afgan saya angkat tangan. wkwkwkwkwk

      Delete