Coro merupakan bahasa jawa dari kecoak, omong coro bermakna omongan ngelantur tapi dapat dinyatakan jujur. Maka ketenangan serupa apa lagi yang dicari di dunia yang fana ini selain kejujuran. Tulisan berikut merupakan contoh dari omong coro.

Search This Blog

Translate

About Me

My photo
Hi, saya pungkas nurrohman yang mencoba dewasa dengan jalan-jalan

Thursday 23 March 2023

Rentetan Mall di Manokwari


 (sumber: https://www.flickr.com/photos/axelrd/16044488001/in/photostream/)

Dua tahun terakhir ini banyak bermunculan pusat perbelanjaan baru di Manokwari, hal ini sepertinya berlawanan dengan kondisi Indonesia yang ekonominya sedang hancur karena covid. Manokwari sedang gencar-gencarnya melakukan pembangunan di tengah pemulihan ekonomi Indonesia. Berikut Tiga mall yang saat ini terlihat besar dan kondang di kota Manokwari.

Manokwari City Mall

Dulu nama mall ini adalah Hadi, karna di dalamnya hanya ada supermarket Hadi saja. Selain supermarket tersebut mungkin hanya KFC saja yang ada di mall tersebut. Nama mall Hadi ini semakin gempar saat mereka melakukan ekspansi dengan membangun besar-besaran gedungnya menjadi pusat perbelanjaan yang memiliki bioskop. Dalam tulisan sebelumnya saya menyebut ini adalah mall pertama di Manokwari. Karena memang pusat perbelanjaan dengan beberapa lantai yang penuh dengan berbagai toko.

Selain itu, sudah saya singgung di awal bahwa ini adalah mall pertama yang memiliki bioskop. Di lantai paling atas bioskop XXI bertempat lengkap dengan penjual popcornnya. Hal ini yang menjadikan mall ini adalah nilai lebih dibanding kedua mall saingannya yang ada I kota kecil seperti Manokwari.

Selain bioskop ada beberapa merk warung nasional yang menyewa tempat di pusat perbelanjaan ini, terhitung saat tulisan ini di buat sudah ada Bakso Lapangan Tembak dan Solaria yang sudah bertempat di pusat perbelanjaan satu ini. Dan juga jangan melupakan KFC yang sudah beberapa tahun berdiri di gedung ini. Di mall ini juga sepertinya merupakan salah satu mall Manokwari yang menjual baju, sejenis Matahari tapi namanya Borobudur. Harganya mirip dengan Matahari, Ramayana dan pusat penjualan baju lainnya.

Fasilitas lainnya juga terbilang cukup lengkap, seperti mushola, foodcourt, ATM center, dan Toilet. Sepertinya pusat perbelanjaan yang paling proper memang hanya di sini, maka dari itu sering diadakan kegiatan pameran dan kegiatan perlombaan lain di hall tengah Manokwari City Mall ini.

Orchid (Haji Bauw)

Jika berbicara Orchid, warga manokwari pasti sudah familiar dengan supermarket serba lengkap di jalan merdeka. Namun yang saya maksut dalam tulisan ini adalah Orchid baru yang berada di samping perempatan haji Bauw wosi. Di sini saya sebut sebagai mall berbeda dengan Orchid jalan merdeka karena di sini lebih lengkap. Selain pilihan produknya, di Orchid ini juga lengkap dengan kafe dan tempat makannya. Foodcourtnya  juga ada di lantai atas.

Memang di Orchid ini tidak ada gerai baju seperti di Orchid jalan merdeka. Mungkin agar bagi-bagi fokus. Di Orchid ini lengkap dengan perabot rumah tangga, barang pecah belah dan produk-produk kemasan lain seperti hanya di supermarket lainnya. Kelebihan di Orchid ini dibanding kedua pusat perbelanjaan lainnya adalah jalan kakinya tidak terlalu jauh. Jika kita cari produk tapi malas untuk berjalan jauh, sepertinya Orchid ini adalah pilihan utama. Setelah parkiran, kita naik sedikit sudah di supermarket.

 

Kalawai Mart

Konsep Kalawai Mart ini seperti supermarket besar dan ada foodcourtnya. Sejenis Carefour yang menyediakan berbagai kebutuhan namun dengan konsep dalam satu gedung besar. Pusat perbelanjaan yang berada di Jl. Esau sesa (atau sering disebut jalan baru) tepatnya di samping pom bensin jalan baru ini menurut saya cocok untuk belanja bulanan.

Yang perlu menjadi sorotan adalah jika para pembaca memiliki bayi. Di mall ini kebutuhan bayi cukup lengkap dibanding kedua saingannya. Berbagai merk diapers ada di supermarket ini, bahkan merk Pampers juga ada di sini. Mulai dari yang eksklusif hingga yang murah tersedia dengan ukuran dan merk beragam. Maka dari itu saya merekomendasikan mall ini khusus untuk mereka yang memiliki bayi. Agar lebih nyaman dan murah dalam berbelanja kebutuhan anak.

Meskipun mall ini satu perusahaan dengan Umega (yang di depan Manokwari City Mall), tapi tidak serta merta apa yang ada di Umega ada di Kalawai. Mungkin sekali lagi untuk diversifikasi pasar saja. Sehingga pembeli tidak hanya terfokus di Mall besar. Tapi cukup worthed jika dijadikan wisata belanja bagi warga Manokwari yang berdomisili di sekitaran Sowi, Arfai sampai Maruni.

 

Sekian review saya untuk ketiga pusat perbelanjaan yang ada di Manokwari. Harapannya dengan adanya pusat perbelanjaan ini tetap memiliki variasi dalam wisata belanja dan tidak sampai mematikan toko kecil. Untuk kota sekecil ini sepertinya sudah cukup tiga pusat pebelanjaan ini saja. Toh pusat perbelanjaan hanya untuk sekedar wisata belanja, tanpa meminggirkan penjual-penjual kecil yang saat ini dapat mewakili Indomaret dan Alfamart.

0 comments:

Post a Comment